Bola Internasional

VAR Bakal Jalani Debut di Liga Champions Asia

Senin, 24 Agustus 2020 16:55 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© CNNPhilipines
VAR bakal menjalani debut di Liga Champions Asia 2020 dan akan dipakai pada babak perempatfinal kompetisi antarklub paling elit seantero Asia tersebut. Copyright: © CNNPhilipines
VAR bakal menjalani debut di Liga Champions Asia 2020 dan akan dipakai pada babak perempatfinal kompetisi antarklub paling elit seantero Asia tersebut.

INDOSPORT.COMVideo Assistant Referee atau yang biasa disebut dengan VAR bakal menjalani debut di Liga Champions Asia 2020 dan akan dipakai pada babak perempatfinal kompetisi antarklub paling elit seantero Asia tersebut.

Hal tersebut dinyatakan langsung oleh Asian Football Confederation (AFC) selaku pihak penyelenggara Liga Champions Asia di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dilansir dari laman resmi AFC, sistem VAR akan dipakai sebagai bentuk komitmen nyata untuk meningkatkan kualitas pertandingan yang ada di Liga Champions.

Ini adalah kali pertama sistem VAR dipakai di gelaran Liga Champions Asia, meskipun sebelumnya sistem ini telah menjalani debut di Asia kala dipakai pada babak perempatfinal Piala Asia tahun 2019 kemarin yang digelar di Uni Emirat Arab.

Selanjutnya, sistem VAR yang telah dianggap sempurna kemudian dipakai dalam gelaran Piala AFC U-23 tahun 2020 yang digelar di Thailand pada bulan Januari.

Setelah menjalani 2 gelaran bergengsi di kancah Asia, AFC memutuskan agar VAR bisa menjalani debutnya di Liga Champions Asia sekaligus menjadi yang pertama kali dipakai dalam gelaran kompetisi antarklub.

Liga Champions Asia sendiri sempat tertunda pada bulan Maret kemarin karena pandemi Covid-19 dan akan kembali bergulir pada tanggal 14 September mendatang untuk wilayah Asia Barat. Sedangkan untuk wilayah Asia Timur, Liga Champions Asia akan kembali bergulir pada tanggal 16 Oktober mendatang.