Bursa Transfer

Borong Pemain, Berapa Banyak Dana Belanja Chelsea di Musim Panas?

Selasa, 25 Agustus 2020 16:08 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© INDOSPORT
Dilaporkan akan borong pemain-pemain mahal, berapa banyak dana belanja Chelsea di bursa transfer musim panas? Copyright: © INDOSPORT
Dilaporkan akan borong pemain-pemain mahal, berapa banyak dana belanja Chelsea di bursa transfer musim panas?

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris, Chelsea tercatat menjadi tim yang paling aktif berbelanja di bursa transfer musim panas 2020. Dengan banyaknya pemain yang akan diboyong, berapakah sebenarnya dana belanja The Blues?

Sebelum bursa transfer musim panas 2020 dibuka pada 27 Juli 2020 silam, Chelsea telah meresmikan dua penggawa anyar pada sosok Hakim Ziyech dan Timo Werner. Dua pemain ini diboyong dengan total mahar 93 juta euro (Rp1,6 triliun).

Kendati telah mengeluarkan satu triliun rupiah lebih, nyatanya dua pemain tersebut masuk dalam pembelian musim lalu. Dengan kata lain, Chelsea belum mengeluarkan uang sepeserpun di musim panas 2020 ini.

Dengan fakta tersebut, Chelsea pun berpotensi lepas dari jeratan FFP (Financial Fair Play) di musim panas ini meski dilaporkan akan mengeluarkan dana besar lagi untuk memboyong Kai Havertz dan Ben Chilwell.

Berkat hukuman larangan transfer di musim panas lalu dan penjualan para pemain hingga saat ini, Chelsea otomatis memiliki dana luar biasa banyak di musim panas ini. Terlepas dari pembelian Ziyech dan Werner, The Blues ternyata masih memiliki dana belanja 220 juta poundsterling (Rp4,2 triliun).

Dilansir dari laman Herald, angka Rp4,2 triliun tersebut nantinya akan dialokasikan Chelsea untuk memboyong Havertz dan Chilwell. Jika dihitung berdasarkan laporan terakhir, kedua pemain ini hanya akan menggerogoti setengah dana belanja The Blues, yakni 122 juta poundsterling (Rp2,3 triliun).

Jika dikalkulasikan, Chelsea masih akan memiliki dana tersisa hingga Rp2 triliun yang nantinya bisa dipakai untuk memboyong pemain lainnya. Bukan tidak mungkin, klub asal London Barat ini akan tetap jor-joran di sisa bursa transfer.

Menarik dinantikan siapa saja pemain yang akan diboyong Chelsea nantinya. Sejauh ini, The Blues baru dikaitkan dengan tiga nama anyar dan berpotensi bertambah bila mengingat banyaknya dana belanja yang dimiliki The Blues.