In-depth

Kuras Uang Everton Sampai Bikin Pemain Valencia Berontak, Barcelona Korban Koeman Selanjutnya?

Selasa, 25 Agustus 2020 12:23 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Melihat sepak terjang Koeman, rasanya ia bisa menjadi bencana baru untuk Barcelona. Copyright: © Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Melihat sepak terjang Koeman, rasanya ia bisa menjadi bencana baru untuk Barcelona.

INDOSPORT.COM - Barcelona menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatih baru Barcelona menggantikan Quique Setien yang dipecat setelah dikalahkan Bayern Munchen dengan skor mengenaskan, 2-8. Namun melihat sepak terjang Koeman, rasanya ia bisa menjadi bencana baru untuk Blaugrana.

Ronald Koeman punya setumpuk pekerjaan rumah setelah ditunjuk sebagai pelatih anyar Barcelona. Mulai dari meyakinkan sang megabintang, Lionel Messi, agar bertahan di Camp Nou, dan yang terpenting mengembalikan kejayaan klub Catalan itu.

Barcelona memang kini terpuruk dan hanya bisa gigit jari setelah tak mendapatkan satu trofi apapun di musim ini. Paling buruk, Barcelona dibantai habis Bayern Munchen di babak perempatfinal Liga Champions dengan skor 2-8.

Kekalahan tersebut tercatat selamanya dalam rekor Barca, sebagai salah satu kekalahan terburuk yang pernah mereka rasakan. Barcelona juga kini harus mengejar ketertinggalan mereka dari sang rival abadi, Real Madrid yang berhasil menyegel gelar juara LaLiga Spanyol musim ini.

Meski Koeman sudah akrab dengan atmosfer Barcelona, selain menjadi pemain dari tahun 1989 sampai 1995, ia juga pernah memulai debut kepelatihannya di tim Catalan. Pria 57 tahun itu pernah menjadi asisten untuk Louis Van Gaal di tahun 1998-1999.

Selanjutnya, Koeman telah banyak makan asam garam sebagai pelatih. Terakhir ia menangani Timnas Belanda, namun sejarah kepelatihannya tak selalu berakhir dengan cemerlang.

Di tengah tuntutan untuk mengembalikan kesuksesan Barcelona yang tengah dalam titik nadir, ada lima alasan yang membuat Koeman rasanya tak akan mampu memenuhi target itu. Berikut INDOSPORT merangkumnya.