Bursa Transfer

Faktor Mourinho, Tottenham Hotspur Disarankan Boyong Luis Suarez

Rabu, 26 Agustus 2020 17:14 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Matthias Hangst/Getty Images
Tottenham Hotspur disarankan memboyong Luis Suarez dari Barcelona. Pasalnya, manajer Jose Mourinho diyakini bisa mengoptimalkan performa sang penyerang. Copyright: © Matthias Hangst/Getty Images
Tottenham Hotspur disarankan memboyong Luis Suarez dari Barcelona. Pasalnya, manajer Jose Mourinho diyakini bisa mengoptimalkan performa sang penyerang.

INDOSPORT.COMTottenham Hotspur disarankan memboyong Luis Suarez dari Barcelona. Pasalnya, manajer Jose Mourinho diyakini bisa mengoptimalkan performa sang penyerang.

Revolusi besar-besaran tengah terjadi di tubuh raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona. Kehadiran Ronald Koeman sebagai pelatih baru menimbulkan korban dalam diri sejumlah pemain senior, termasuk Luis Suarez.

Bintang asal Uruguay itu telah dihubungi langsung oleh Koeman dan diberitahu bahwa dirinya tidak lagi dibutuhkan. Kini kedua pihak sedang bernegosiasi untuk memutuskan kontrak Suarez yang sebenarnya baru akan habis akhir musim depan.

Meski sejumlah klub langsung mendekati penyerang 33 tahun itu, Tottenham Hotspur disebut harus turut berupaya mendatangkan Suarez. Faktor keberadaan manajer Jose Mourinho dinilai bisa menjadi nilai plus dalam perburuan sang penyerang.

Pasalnya, manajer asal Portugal tersebut dinilai punya kinerja yang bagus dalam bekerja sama dengan pemain veteran.

“Apakah Anda harus mengejar Suarez, atau Anda lebih memilih mengejar Gareth Bale?” ujar Micky Gray, eks bintang Liga Inggris kepada Talk Sport.

“Anda bisa melihat usia dari para pemain yang ada di skuat. Jose (Mourinho) sebenarnya pandai bekerja sama dengan pemain berpengalaman. Lihat saja timnya dulu di Inter Milan.”

Meski demikian, Tottenham Hotspur dinilai masih memiliki kendala untuk memboyong Luis Suarez di bursa transfer kali ini, yakni besarnya gaji. Namun, fakta bahwa ia bisa didatangkan secara gratis diyakini bisa menutupi masalah tersebut.

“Satu-satunya masalah adalah gajinya. Namun, Daniel Levy hanya perlu memperhatikan bahwa tidak diperlukan biaya transfer untuk mendatangkan Luis Suarez. Dengan demikian mereka bisa membayar gajinya yang sebesar 400 ribu-500 ribu pounds (Rp7,5-9,5 miliar) per pekan,” kata Gray.

Di usianya yang sudah 33 tahun, Luis Suarez masih terbilang tajam saat membela Barcelona musim lalu. Meski sempat terganggu cedera, ia tampil sebanyak 36 kali di semua kompetisi, dengan sumbangan 21 gol dan 12 assist. Hal inilah yang membuatnya dinilai cocok bermain bersama Tottenham.

“Luis Suarez punya ego yang kuat, latar belakang bagus, dan catatan menawan yang memungkinkan dirinya datang ke Tottenham dan berkata, ‘Anda boleh memainkan Harry Kane, tapi Anda harus memainkan saya juga,’” pungkas Gray.