In-depth

Kepergian Lionel Messi adalah Kesalahan Terburuk dalam Sejarah Barcelona

Rabu, 26 Agustus 2020 11:08 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Jose Manuel Alvarez/Quality Sport Images/Getty Images
Kepergian Lionel Messi dari Barcelona bakal menjadi salah satu tragedi besar dalam sejarah sepak bola dunia. Copyright: © Jose Manuel Alvarez/Quality Sport Images/Getty Images
Kepergian Lionel Messi dari Barcelona bakal menjadi salah satu tragedi besar dalam sejarah sepak bola dunia.

INDOSPORT.COM - Kepergian Lionel Messi dari Barcelona bakal menjadi salah satu tragedi besar dalam sejarah sepak bola dunia. 

Lionel Messi membuat langkah mengejutkan dengan mengirimkan pesan kepada manajemen Barcelona yang menyatakan dirinya ingin pergi di bursa transfer kali ini.

Musim kompetisi 2019/2020 berjalan buruk bagi raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona. Tim asal Catalan itu mengakhiri musim dengan nirgelar. Tak cuma itu, mereka juga dipermalukan Bayern Munchen 2-8 di perempat final Liga Champions.

Kondisi itu diikuti dengan pemecatan pelatih Quique Setien dan ditunjuknya eks pemain Barcelona, Ronald Koeman, sebagai pengganti. Juru taktik asal Belanda itu disebut ingin menyudahi hak istimewa Lionel Messi di Barcelona. 

"Keistimewaan Anda dalam skuad ini telah berakhir. Anda harus melakukan segalanya untuk tim," kata Ronald Koeman. 

Pada Selasa (25/08/20), Lionel Messi langsung dikabarkan berkomunikasi dengan petinggi Barcelona terkait masa depan. Messi memutuskan pergi dari Barca dengan mengaktifkan klausul khusus dalam kontraknya. 

Dalam klausul kontrak tersebut, peraih enam Ballon d'Or itu bisa memutuskan pergi dari Barcelona setiap akhir musim alias kapan saja setelah usianya sudah 32 tahun. Kontrak Messi sendiri sebetulnya masih menyisakan satu musim sampai Juni 2021. 

© Manu Fernandez/Pool via Getty Images
Lionel Messi terpukul setelah Barcelona dibobol Bayern Munchen dalam laga perempatfinal Liga Champions 2019/20, Sabtu (15/08/20) dini hari. Copyright: Manu Fernandez/Pool via Getty ImagesLionel Messi terpukul setelah Barcelona dibobol Bayern Munchen dalam laga perempatfinal Liga Champions 2019/20, Sabtu (15/08/20) dini hari.

Keputusan Messi ini pun langsung menggegerkan jagat sepak bola Eropa. Klub-klub raksasa dikabarkan langsung mengantre untuk tanda tangan Lionel Messi. 

Sebuah keuntungan besar untuk bisa mendapatkan Messi dengan status bebas transfer. Klub pemilik selanjutnya "cukup" membayar gaji sang pemain yang mencapai 1 juta euro per pekan.

Sejumlah klub seperti Man City, Inter Milan, PSG, Man United, Juventus, sampai Chelsea, menjadi yang terdepan untuk mendapatkan Messi. 

Di sisi lain, gelombang protes mengalir dari para fans Barcelona di luaran Stadion Camp Nou. Aksi nyata ini ditunjukkan karena mereka tak ingin pemain yang telah berjasa banyak tersebut hengkang begitu saja. Fans Barcelona di seluruh dunia juga tengah harap-harap cemas dengan nasib Lionel Messi.

Messi vs Bartomeu

Kabar keinginan Messi untuk hengkang dari Barcelona sebetulnya sudah terdengar sejak awal tahun ini. Hubungan buruk antara La Pulga dengan presiden klub, Josep Maria Bartomeu, diyakini jadi penyebabnya.  

Messi merasa Bartomeu gagal membawa Barca ke arah kesuksesan baik itu dalam kebijakan transfer sampai masalah pemotongan gaji pemain. Messi bahkan sempat berselisih dengan direktur klub, Eric Abidal. 

Tak seperti pemain lain, di Barcelona, Lionel Messi memiliki privilage khusus. Bisa dibilang, sang kapten "berhak" untuk bersuara dalam urusan transfer sampai mengritik presiden. 

Hal itu dianggap "wajar" karena ia adalah figur terpenting dalam kesuksesan Barcelona selama satu setengah dekade terakhir ini. Akan tetapi, situasi sudah mulai membuat Messi jengah sampai akhirnya ia mantap memutuskan hengkang.