Liga Spanyol

Lionel Messi Tinggalkan Barcelona, Ini 5 'Pemenang' yang Ketimpa Berkah

Jumat, 28 Agustus 2020 16:13 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© David Ramos/Getty Images
Kepergian Lionel Messi dari raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona membawa berkah bagi lima 'Pemenang' yang terdiri dari klub dan pemain tertentu. Copyright: © David Ramos/Getty Images
Kepergian Lionel Messi dari raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona membawa berkah bagi lima 'Pemenang' yang terdiri dari klub dan pemain tertentu.

INDOSPORT.COM - Setelah 16 tahun lakoni masa bakti di LaLiga Spanyol, kepergian Lionel Messi dari Barcelona bisa segera terjadi. Ternyata kepindahan sang bintang akan membawa berkah 'Pemenang' bagi klub dan pemain ini.

Setelah perundungan berupa titel kompetisi domestik yang berpindah tangan, dan aksi memalukan dihabisi 2-8 oleh Bayern Munchen di Liga Champions, Azulgrana harus menutup musim dengan predikat nirgelar. Berbagai kemalangan berupa konflik internal dan krisis finansila kian membuat situasi mereka terpuruk.

Sudah lancarkan revolusi berupa pemecatan direktur olahraga, Eric Abidal dan pelatih Quique Setien, nyatanya tak membuat situasi di Camp Nou stabil. Sudah resmi menunjuk Ronald Koeman sebagai juru latih anyar, Lionel Messi malah mau hengkang.

Ya, beragam carut marut di klub dan aksi kejam Koeman memecat empat pemain inti sekaligus sahabatnya sendiri membuat La Pulga kian mantab pergi bahkan sebelum bergulirnya musim baru LaLiga Spanyol. Manchester City pun dipercaya menjadi klub paling pasti amankan jasa sang kapten tersebut usai tawarkan tiga pemainnya.

Kepergian Lionel Messi dari Barcelona nyatanya akan membawa status kemenangan bagi beberapa kalangan saja. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT merangkum lima 'Pemenang' terdiri dari klub dan pemain yang akan ketimpa berkah luar biasa efek pindahnya bintang asal Argentina itu dilansir 90 Min.

1. Antoine Griezmann

Setelah dibeli dengan mahar 120 juta euro (Rp2 triliun) dari Atletico Madrid, kemungkinan besar Antoine Griezmann akan menjadi sosok paling vital Barca setelah kepergian Messi. Bagaimana tidak? Koeman dipastikan membutuhkan pemain terbaik untuk menutup kekosongan striker andalannya.

Meskipun memulai dengan awal musim buruk, striker berkebangsaan Prancis ini cenderung tak mampu bersaing dengan berbagai pemain lawan Barcelona. Maklum, intimidasi dan dominasi Lionel Messi membuat status Griezmann sebagai striker jempolan hilang.

Setelah bintang penghadangnya pergi, Griezmann akhirnya mendapat kesempatan emas menjadi sosok ikon baru Barcelona. Hal ini pun membuat klub yang menghamburkan uang baginya tak merasa rugi sepeserpun.

2. Josep Maria Bartomeu

Bukan suatu alasan mengagetkan jika Josep Maria Bartomeu akan menjadi sosok pemenang utama kepergian Si Kutu. Pasalnya, sejak awal orang nomor satu di kubu Blaugrana ini menjadi musuh dalam selimut Messi hingga putuskan angkat kaki.

Alasannya pun sederhana, Bartomeu dianggap menjadi akar konflik internal yang terjadi, korupsi usai ada bukti 6 petinggi undur diri, pemotongan gaji 70 persen, dan berbagai masalah lain. Secara garis besar Messi menuding sang presiden biang keladi seretnya prestasi di klub asal Catalonia itu.

Kekeuh sang presiden bertahan, Messi pun tak punya pilihan selain mengalah sehingga pergi adalah jawabannya. Bartomeu pun menjadi sosok yang akan tertawa lebar karena sukses membuat hemat mengingat gaji fantastis yang diterima oleh pemain berusia 33 tahun itu.