Liga Indonesia

Ruben Sanadi dan Herman Dzumafo Kerap 'Marahi' Pemain Muda Karena Makanan

Jumat, 28 Agustus 2020 14:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Dua pemain senior di Bhayangkara FC, Ruben Sanadi dan Herman Dzumafo disebut sebagai sosok panutan bagi pemain muda. Keduanya kerap menegur pemain muda. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Dua pemain senior di Bhayangkara FC, Ruben Sanadi dan Herman Dzumafo disebut sebagai sosok panutan bagi pemain muda. Keduanya kerap menegur pemain muda.

INDOSPORT.COM - Dua pemain senior di Bhayangkara FC, Ruben Sanadi dan Herman Dzumafo disebut sebagai sosok panutan bagi pemain muda. Keduanya kerap menegur dan mengingatkan pemain muda untuk bersikap profesional terutama soal konsumsi makanan. 

Dokter Tim Bhayangkara FC, Muhammad Yusuf Zulfikar mengungkapkan, Ruben dan Dzumafo sangat memperhatikan asupan makanan. Pasalnya, hal itu sangat berpengaruh terhadap kinerja mereka di lapangan.

Selain itu, para pemain asing dan lokal di Bhayangkara seperti Renan Silva, Guy Herve, Lee-yoo joon, Lee Won-jae, dan Indra Kahfi sangat disiplin terkait makanan dan latihan. 

"Ada Dzumafo, Ruben, Indra, Guy Herve, Renan Silva, mereka pemain asing itu sangat disiplin dan jadi contoh buat pemain lokal dari segi makanan dan latihan," tuturnya.

"Kalau kaka Ruben dan Papa Dzumafo suka menegur bagi pemain muda, bahwa mereka harus bersikap profesional," imbuh dr Yusuf.

Pola makan atau konsumsi makanan para pemain Indonesia belakangan jadi sorotan penggemar, terutama di media sosial. Hal itu dikarenakan makanan yang disantap tidak sehat dan menyimpang dari pesan yang disampaikan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Sementara itu, Herman Dzumafo menegaskan, pola makan sangat berpengaruh dalam karirnya. Tidak heran apabila ia masih bermain di level tertinggi dan tetap produktif mencetak gol meski usianya sudah 40 tahun.

"Sejak dulu saya kalau sedang berkompetisi tidak pernah makan gorengan. Kalau libur, sedikit saja mencoba, tapi setelah itu tidak lagi,’" ucapnya.

"Kebanyakan saya makan nasi merah dan salad,’" tutup pemain naturalisasi tersebut.