Bola Internasional

Rijkaard Keluar Sebagai Calon Kuat Pengganti Koeman di Timnas Belanda

Minggu, 30 Agustus 2020 16:32 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© www.fcbarcelona.com
Frank Rijkaard keluar sebagai kandidat terkuat untuk menggantikan peran Ronald Koeman sebagai pelatih di Timnas Belanda. Copyright: © www.fcbarcelona.com
Frank Rijkaard keluar sebagai kandidat terkuat untuk menggantikan peran Ronald Koeman sebagai pelatih di Timnas Belanda.

INDOSPORT.COMFrank Rijkaard keluar sebagai kandidat terkuat untuk menggantikan peran Ronald Koeman sebagai pelatih di Timnas Belanda.

Koeman meninggalkan posnya sebagai pelatih Timnas Belanda usai menerima tawaran untuk melatih Barcelona beberapa waktu lalu dan saat ini Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) sedang mencari nama yang pantas dan cocok untuk meneruskan pekerjaan Koeman di Timnas Belanda.

Dan nama Rijkaard yang tenar karena membawa Barcelona meraih kesuksesan muncul sebagai kandidat paling kuat untuk menjadi suksesor Koeman di timnas.

Rumor penunjukan Rijkaard sendiri langsung mendapatkan dukungan dari Jordi Cruyff, anak legenda Belanda Johan Cruyff yang juga merupakan eks pemain Timnas Belanda era 90-an.

“Saya kira masuk akal bagi KNVB untuk mencari pelatih yang bertipe mirip dengan (Ronald) Koeman dan menurut saya hal tersebut ada pada sosok (Frank) Rijkaard,” ujar Cruyff pada De Telegraaf.

“Rijkaard juga merupakan sosok yang sangat baik dari segi taktik. Selain itu dirinya juga bisa membangun atmosfer tim menjadi lebih bagus.”

Cruyff menambahkan jika nantinya Rijkaard akan membangun kombinasi yang apik bersama Henk ten Cate, sosok yang pernah menjadi asistennya kala melatih Barcelona. Kombinasi keduanya sukses mengantarkan 2 trofi LaLiga Spanyol dan 1 trofi Liga Champions.

Rijkaard sendiri terakhir kali menangani sebuah tim pada tahun 2013. Saat itu dirinya tercatat sebagai pelatih Timnas Arab Saudi dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2013. Sebelumnya, dirinya juga pernah menangani Timnas Belanda pada tahun 1998 sampai dengan tahun 2000.

Meskipun muncul sebagai sosok ideal untuk menjadi suksesor Koeman di Timnas Belanda, KNVB perlu merayu dirinya untuk mau kembali terjun di dunia sepak bola.

Pasalnya, sejak melepas jabatan sebagai pelatih Timnas Arab Saudi 7 tahun yang lalu, Rijkaard selalu menyatakan jika dirinya tidak lagi tertarik untuk kembali terjun ke dunia sepak bola.