Liga Spanyol

Tak Ada dari Barcelona, Xavi Ungkap Pemain dan Pelatih Terbaik Dunia

Senin, 31 Agustus 2020 15:23 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© pinterest.com
Tak ada dari raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, Xavi Hernandez sebut pemain terbaik dan pelatih dunia terbaik saat ini. Copyright: © pinterest.com
Tak ada dari raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, Xavi Hernandez sebut pemain terbaik dan pelatih dunia terbaik saat ini.

INDOSPORT.COM - Pernah menjadi bagian dari raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona sejatinya memberikan kesan baik bagi Xavi Hernandez. Akan tetapi nyatanya ia malah punya versi pemain dan pelatih terbaik yang jauh dari mantan klubnya itu.

Sebelum menjadi pelatih tim divisi utama Qatar, Al Sadd, Xavi memang lebih dulu dikenal sebagai pesepak bola andal bersama El Barca. Bayangkan saja, selama 24 tahun berkarier di Camp Nou ia sudah sumbangkan total 25 trofi dan bertemu dengan berbagai pemain generasi baru.

Pernah menyandang status gelandang terbaik sepanjang masa membuat jebolan La Masia ini tahu akan seluk beluk pemain sekaligus pelatih berkualitas. Tak menganggap Barcelona tangguh sekarang ini, Xavi pun menyebut Kevin de Bruyne sebagai gelandnag terbaik, Virgil van Dijk selaku bek terkuat, dan pelatih paling hebat yaitu Pep Guardiola.

"Menurut saya Kevin de Bruyne dari Manchester City layak menyandang status gelandang terbaik dunia saat ini, meskipun berusia muda. Dia berada pada tingkatan berbeda, brutal, dan mampu membuat perubahan besar saat di lapangan," ucap Xavi dilansir laman Sport Bible.

"Untuk posisi pelatih Pep merupakan yang terbaik karena pemikiran dan kepemimpinannya bisa membuat hasil tak terduga dalam dunia olahraga. Lalu saya juga memilih Virgil van Dijk sebagai bek terkuat saat ini karena teknik mumpuni, kekuatan fisik, serta mampu membimbing rekan setim," tambahnya.

De Bruyne memang menjadi playmaker mengerikan di Liga Inggris, ditambah dengan kecerdikan Guardiola, keduanya sukses mengangkat derajat Manchester City sebagai klub unggul. Sementara itu van Dijk juga menjadi pemain paling berjasa hingga Liverpool sukses menyabet Liga Champions musim lalu dan putus kutukan liga domestik.

Ada alasan Xavi nampak lebih memilih pemain dan pelatih dari tim lain ketimbang Catalan. Pasalnya, Barcelona sepanjang musim lalu jauh dari kata memuaskan usai mengulang sejarah kelam tanpa raih gelar layaknya saat ditukangi Frank Rijkaard (2007-2008).

Belum lagi kini Barcelona tengah kian dekat menuju kehancuran karena berpotensi ditinggal Lionel Messi jelang LaLiga Spanyol lanjutan. Ya, pemain berjulukan La Pulga itu kabarnya sudah sepakat ingin pindah ke Manchester City usai beragam nasib apes dan minimnya prestasi Azulgrana.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%