Liga Indonesia

Hilangkan Rasa Jenuh, Tim Persib Bandung Bermain Softball

Selasa, 1 September 2020 20:03 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Robert Alberts saat bermain softball bersama skuat Maung Bandung di Lapangan Softball Lodaya, Kota Bandung, Selasa (01/09/20). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Robert Alberts saat bermain softball bersama skuat Maung Bandung di Lapangan Softball Lodaya, Kota Bandung, Selasa (01/09/20).

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1 Persib Bandung bermain softball di Lapangan Softball Lodaya, Kota Bandung, Selasa (01/09/20). Hal tersebut menjadi unik, karena mereka biasanya berlatih dan bermain sepakbola. 

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, membeberkan alasannya membawa pasukannya bermain softball. Menurutnya, kegiatan tersebut sengaja digelar agar anak asuhnya tidak jenuh dalam masa persiapan untuk mengarungi lanjutan kompetisi Liga 1 2020.

Menurut Robert Alberts, skuat Maung Bandung sudah berlatih sejak 10 Agustus lalu di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, sedangkan kick off Liga 1 2020 baru akan digelar pada 1 Oktober mendatang. Sehingga, untuk menghilangkan jenuh pemainnya diajak bermain softball.

"Karena kami sudah berlatih selama tiga pekan hingga saat ini dan penting bagi pemain untuk sedikit mengalihkan pikirannya dari sepakbola," ucap Robert Alberts seusai bermain softball di Lapangan Softball Lodaya, Kota Bandung, Selasa (01/09/20).

"Ini latihan alternatif, hanya untuk membuat semuanya kembali jalurnya dalam hal mental dan melihat ke depan satu bulan sebelum kick off," kata Robert Alberts menambahkan.

Robert Alberts mengakui, saat bermain softball anak asuhnya terlihat canggung dengan aturan yang diterapkan, karena olah raga tersebut baru pertamakali dilakukan oleh Supardi Nasir dan kawan-kawan, dalam persiapan menghadapi kompetisi.

Meski begitu, menurut palatih asal Belanda ini pemain sangat menikmati program yang diberikan hari ini dan kekompakan tim semakin terbangun dengan kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama.

"Jadi kami tidak harus berlatih sepak bola setiap hari, kami sudah melalui tiga pekan depan baik dan empat pekan ke depan akan sangat penting. Jadi hari ini kami sedikit rileks dan mencoba jenis lain dalam latihan," ungkapnya.

"Ya tidak apa-apa (terlihat canggung dengan aturan softball), ini hanya untuk bersenang-senang saja. Ini bukan permainan baseball yang serius, ini hanya untuk fun," jelas Robert Alberts.

Sementara itu, pada akhir pekan ini rencananya tim kebanggaan Bobotoh akan menggelar pertandingan uji coba menghadapi salah satu peserta Liga 1 2020, Tira Persikabo.