Liga Inggris

Jurgen Klopp Tak Pikir Panjang Saat Ditawari Jadi Pelatih Liverpool

Selasa, 1 September 2020 14:21 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© twitter.com/LFC
Pelatih asal Jerman, Jurgen Klopp menceritakan awal mula dirinya diberikan tawaran untuk menjadi manajer di klub Liga Inggris, yakni Liverpool. Copyright: © twitter.com/LFC
Pelatih asal Jerman, Jurgen Klopp menceritakan awal mula dirinya diberikan tawaran untuk menjadi manajer di klub Liga Inggris, yakni Liverpool.

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Jerman, Jurgen Klopp menceritakan awal mula dirinya diberikan tawaran untuk menjadi manajer di klub Liga Inggris, yakni Liverpool. Ia mengaku tak berpikir panjang dalam tawaran tersebut.

Liverpool menjalani kontrak dengan Jurgen Klopp pada awal musim 2015/2016 setelah mereka memecat Brendan Rodgers dari kursi pelatih. Sebab, performa buruk juga ditunjukan The Reds saat masih ditangani oleh Rodgers.

Setelah memutuskan untuk memilih Liverpool dalam labuhan selanjutnya, Jurgen Klopp langsung berjanji akan memberikan gelar juara bagi Liverpool dalam empat tahun masa baktinya sebagai seorang pelatih.

Akhirnya janji yang dilontarkan oleh mantan pelatih Borussia Dortmund ini rupanya terwujud pada saat mereka berhasil menjuarai Liga Champions pada tahun 2019 lalu.Tak hanya itu, sederet trofi juga diberikan seperti Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, hingga Juara Liga Inggris.

Dilansir dari BBC Sports, Jurgen Klopp mengakui bahwa ia langsung merasa antusias begitu dihubungi oleh pihak Liverpool pada bulan Oktober 2015 lalu. Cerita tersebut disampaikan pelatih asal Jerman melalui video dokumenter yang berjudul ‘Liverpool FC: The 30 Year Wait’.

“Saat itu saya sedang berlibur di Lisbon dan saya mendapatkan telepon dari agen. Dia memberitahu soal ketertarikan Liverpool. Jadi rencana kami saat itu sebenarnya berbeda, karena kami ingin berlibur lebih lama,” kata Klopp.

“Saya memberitahu keluarga saya dan anak-anak saya langsung seperti, ya!. Saya menatap mata istri saya dan dia seperti bertanya, kapan?,” lanjutnya.

Sejak ditawari sebagai pelatih Liverpool, Klopp mengakui bahwa sebenarnya ia berencana untuk menjalani masa rehat selama semusim usai pergi dari Borussia Dortmund. Akan tetapi, rupanya takdir berkata lain dan membuat dirinya tanpa pikir panjang dengan tawaran Liverpool.

“Ketika Anda membuat janji besar seperti yang saya lakukan ketika meninggalkan Dortmund, bahwa kami akan memiliki waktu setahun untuk kami sendiri, dan setelah empat bulan mendapatkan rencana yang berbeda. Saya benar-benar langsung berapi-api sejak detik pertama mereka menghubungi saya,” tambahnya.

Di debut awalnya sebagai pelatih Liverpool, memang Jurgen Klopp belum bisa membuktikan perkataannya mengenai janji membawa The Reds menjadi juara. Mereka bersaing dengan klub yang dilatih Pep Guardiola, yakni Manchester City di Liga Inggris.

Sementara itu, di kompetisi lain seperti Liga Champions dan lain-lain mereka masih belum beradaptasi dan tidak menghasilkan apa-apa. Namun, empat tahun berlalu, Jurgen Klopp akhirnya membawa Liverpool meraih gelar juara untuk pertama dibawah asuhannya.

Setelah itu, pada tahun 2020 ini, pasukan Jurgen Klopp pun akhirnya bisa bersaing di kompetisi Liga Inggris yang sebelumnya mereka belum sekalipun merasakan trofi tersebut sejak 30 tahun lamanya. Ini membuat perubahan yang besar di Liverpool.