Liga Indonesia

Barito Putera Gelar Test Kebugaran di UNY, Ini Fungsinya

Rabu, 2 September 2020 18:50 WIB
Kontributor: Prabowo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Media Officer Barito
Skuad klub Liga 1 Barito Putera menjalani tes kebugaran di Lapangan Terpadu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rabu (02/09/20). Copyright: © Media Officer Barito
Skuad klub Liga 1 Barito Putera menjalani tes kebugaran di Lapangan Terpadu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rabu (02/09/20).

INDOSPORT.COM - Skuad klub Liga 1 Barito Putera menjalani tes kebugaran di Lapangan Terpadu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rabu (02/09/20).

Pasukan Laskar Antasari memang mulai menggelar latihan di Sleman setelah memilih Stadion Maguwoharjo sebagai home base lanjutan Liga 1 2020.

Pelatih fisik Barito Putera, Dino Sefriyanto menjelaskan, seluruh pemain dan staf pelatih langsung dilakukan pengecekan suhu tubuh. Selain itu, penggunaan maskerpun tak luput dari pengawasan, memang dalam kondisi pandemik begini kedisiplinan menggunakan masker menjadi tolak ukur utama dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Tes Kebugaran yang dilakukan pagi ini lebih difungsikan untuk mengukur koordinasi jantung, paru-paru dan pembuluh darah atau dengan kata lain cardiovascular."

"Ketika seseorang memiliki cardiovascular yang baik dan kuat maka kebugarannya dapat dikatakan kuat pula," kata Dino setelah latihan.

Sebelumnya, para pemain, staf pelatih dan official lebih dulu menjalani test kesehatan yakni. Bekerjasama dengan Jogjakarta International Hospital (JIH) total pagi ini ada sebanyak 28 orang pemain dan staf pelatih yang mengikuti test tersebut.

Dokter tim Barito Putera, Rey Adiwirawan menjelaskan test tersebut menjadi satu dari rangkaian protokol kesehatan yang harus diterapkan jelang kompetisi Liga 1 2020 bergulir kembali guna mencegah penyebaran virus corona.

"Test di awal ini penting untuk dilakukan,. Karena semua personel tim yang sudah berkumpul harus dalam keadaan sehat dan bugar sebelum menggelar sesi pemusatan latihan di UNY," pungkasnya.

Sekadar informasi, meski sempat memutuskan tidak ingin ikut serta, Barito Putera pada akhirnya mengubah keputusannya dan turut ambil bagian di lanjutan Liga 1 2020.