Liga Spanyol

4 Konsekuensi Bertahannya Lionel Messi di Barcelona

Minggu, 6 September 2020 14:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Rafa Babot/MB Media/Getty Images
Tentunya, kembalinya Lionel Messi ke Barcelona bakal menimbulkan sejumlah konsekuensi seiring dengan saga transfer La Pulga dua pekan terakhir. Copyright: © Rafa Babot/MB Media/Getty Images
Tentunya, kembalinya Lionel Messi ke Barcelona bakal menimbulkan sejumlah konsekuensi seiring dengan saga transfer La Pulga dua pekan terakhir.

INDOSPORT.COM - Tentunya, kembalinya Lionel Messi ke klub LaLiga Spanyol, Barcelona, bakal menimbulkan sejumlah konsekuensi seiring dengan saga transfer La Pulga dalam dua pekan terakhir.

Lionel Messi telah memutuskan masa depannya di klub LaLiga Spanyol, Barcelona. Ia akan tetap bertahan di Camp Nou untuk musim 2020-2021.

Seperti diketahui, Messi memang sempat menghebohkan publik sepak bola setelah mengungkapkan keinginannya untuk pindah dari Barcelona. Buntutnya, terjadilah ‘peperangan’ antara pihaknya dan pihak klub terkait klausul pelepasan.

Lionel Messi pun sudah buka-bukaan terkait alasannya memutuskan pindah hingga akhirnya bertahan. Mulai dari merasa ingin mencari tantangan sampai ditipu oleh perkataan Josep Maria Bartomeu.

Messi merasa dirinya berhak pergi secara gratis lantaran memiliki klausul istimewa, tapi Blaugrana ngotot ogah melepasnya kecuali ada peminat yang sanggup membayar 700 juta euro atau sekitar Rp12,2 triliun.

La Pulga akhirnya meredam egonya dengan tetap berseragam Barcelona musim depan demi menghindari huru-hara berkepanjangan dengan klub yang telah membesarkan namanya tersebut.

Meski begitu, kembalinya Lionel Messi ke Barcelona bukannya tanpa konsekuensi. Tentunya bakal ada konsekuensi dari bertahannya Lionel Messi di Barcelona musim depan. Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Dampak Finansial

Dengan pandemi COVID-19 yang sempat melanda Eropa, maka Barcelona pun terpaksa harus merasakan dampak finansial. Klub harus menerima kenyatana mereka harus membayar Lionel Messi 100 juta euro setahun jika sang bintang kembali.

Dengan gaji Messi setahun yang mencapai 100 juta euro, transfer potensial seperti Lautari Martinez, Georginio Wijnaldum, dan Memphis Depay pun seperti sulit untuk diwujudkan oleh Ronald Koeman.

2. Ketegangan di Manajemen

Seperti diketahui, Lionel Messi memutuskan untuk bertahan. Namun, sebelum mengambil keputusan, La Pulga terlanjur 'menjelek-jelekkan' manajemen Barcelona.

"Sebenarnya sudah lama tidak ada proyek atau apapun (di klub)," katanya kepada Goal.com.

"Mereka menyulap dan menutupi lubang seiring berjalannya waktu".

Hubungan antara Lionel Messi dengan Josep Maria Bartomeu sudah sangat buruk dan tidak diragukan lagi akan ada banyak orang yang menantikan pemilihan bulan Maret tahun depan.

3. Fans Terbelah

Sejumlah hal satu persatu terungkap dalam saga Lionel Messi. Yang paling mengejutkan adalah keinginan sang pemain untuk hengkang dari klub sejak awal musim.

Hal tersebut membuat sebagian fans atau suporter percaya Messi telahmeninggalkan kesetiaannya untuk Barcelona. Tentu saja akan ada banyak pula fans yang membelanya.

Apalagi, Messi kerap dikritik musim lalu terhadap performanya. Fans pun diyakini bakal terpecah sebagai konsekuensi bertahannya sang legenda.