In-depth

Menilik Seberapa Bijaksana Chelsea Habiskan Uang Transfer Eden Hazard

Minggu, 6 September 2020 15:57 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Wallpaper Cave
Belanja jor-joran musim panas ini, bernarkah Chelsea masih
Belanja jor-joran musim panas ini, bernarkah Chelsea masih "untung" dari uang hasil penjualan Eden Hazard ke Real Madrid?

INDOSPORT.COM - Belanja jor-joran musim panas ini, benarkah Chelsea masih "untung" dari uang hasil penjualan Eden Hazard ke Real Madrid?

Seperti diketahui, klub Liga Inggris, Chelsea, awal musim ini belanja cukup banyak pemain bintang. Bursa transfer musim panas belum resmi dibuka, skuat asuhan Frank Lampard telah mendatangkan lima pemain baru untuk memperkuat mereka di gelaran Liga Inggris musim depan.

Hakim Ziyech direkrut dari Ajax, Timo Werner dari RB Leipzig, Ben Chilwell dari Leicester City, kemudian disusul Malang Sarr dan Thiago Silva yang datang dengan status bebas transfer. Dan belum lama ini, bintang muda Bundesliga, Kai Havertz, juga bergabung.

Keenam pemain ini pun menjadi wujud nyata ‘amukan’ Roman Abramovich pada performa Chelsea di musim 2019/20 kemarin. Musim lalu meskipun berhasil tampil mengejutkan lewat racikan taktik segar dari Frank Lampard dan finis di posisi ke-4 klasemen akhir, Chelsea terlihat begitu rapuh dan tidak bisa menjaga penampilannya untuk terus konsisten.

Chelsea memang tengah membangun kembali timnya setelah ditinggal sang megabintang, Eden Hazard, ke Real Madrid. Mereka juga terkendala sanksi larangan transfer musim panas lalu.

Akhirnya, pada musim panas 2020 ini mereka bebas membelanjakan uang untuk mendatangkan bintang-bintang besar. Meski terkesan boros di bursa transfer, ternyata strategi transfer The Blues musim panas ini terbilang efektif dan sangat sukses. Bagaimana bisa?

Bukan 100, tapi 160 untuk Hazard

Baru-baru ini, media Belgia, HLN Sport, melaporkan bahwa nilai transfer yang dibayarkan Real Madrid untuk Eden Hazard mencapai 143 juta pound/160 juta euro (Rp 2,7 triliun).

Sebelumnya, Los Blancos dikabarkan "hanya" membeli Hazard dengan mahar 100 juta euro. Jumlah 160 juta euro tersebut dibayarkan melalui tiga kali cicilan, yakni 40 juta euro, 56 juta euro, dan 64 juta euro.

Sampai musim panas ini, Real Madrid sudah membayar cicilan keduanya senilai 56 juta euro. Sementara sisa 64 juta euro akan jatuh tempo pada 2021.

Jika demikian, maka transfer Eden Hazard bakal jadi sebuah rekor pemain termahal bagi El Real. Harganya melampaui Gareth Bale yang dibeli dari Spurs dengan nilai 101 juta euro maupun Ronaldo (94 juta euro) pada bursa transfer 2013 dan 2009 silam.

Hazard dikontrak sampai 2024 oleh Real Madrid. Di sana ia dapat gaji 14 juta euro per musim meski hingga kini belum menunjukkan penampilan maksimal.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%