Liga Indonesia

Alfred Riedl, Pelatih Timnas Indonesia Tersukses di Piala AFF

Rabu, 9 September 2020 10:30 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPOSRT
Alfred Riedl, Pelatih Timnas Indonesia Tersukses di Piala AFF Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPOSRT
Alfred Riedl, Pelatih Timnas Indonesia Tersukses di Piala AFF

INDOSPORT.COM - Sepak bola nasional baru saja berduka setelah datang kabar meninggalnya Alfred Riedl, pelatih Timnas Indonesia tersukses di Piala AFF

Kabar meninggalnya pelatih berkebangsaan Austria itu diungkapkan pertama kali oleh media 24Sports yang menyebut Alfred Riedl meninggal di usia 70 tahun. Sontak itu langsung membuat jagat sepak bola nasional berkabung. 

Alfred Riedl, pelatih asal Austria itu bisa dikatakan merupakan yang tersukses dalam memimpin Timnas Indonesia di Piala AFF. Bagaimana tidak, hanya Alfred Riedl saja yang mampu mengantarkan Timnas Indonesia ke final Piala AFF lebih dari sekali. 

Momen pertama terjadi pada Piala AFF 2010 di mana saat Riedl mengenalkan kepada kita cara bermain dengan formasi 4-4-2. Tampil memukau sepanjang turnamen, sayang Timnas Indonesia berakhir anti klimaks di babak final saat kalah dari Malaysia. 

Sempat melatih lagi bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2014, sayang Riedl saat itu gagal membawa merah putih lolos grup. Meski begitu, Alfred Riedl menebus dosanya pada Piala AFF 2016 atau 2 tahun kemudian. 

Dengan skuat pas-pasan gara-gara klub Liga Indonesia saat itu hanya mau mengirimkan maksimal 2 pemain, Alfred Riedl di luar dugaan mampu membawa Timnas ke final Piala AFF lagi. Padahal, dari awal Timnas Indonesia sudah tak diunggulkan. 

Momen heroik yang paling membekas saat bagaimana kejeniusan taktik seorang Alfred Riedl sukses mengalahkan Vietnam di babak semifinal. Namun sayang skuat asuhan Alfred Riedl kembali lagi kalah di final Piala AFF 2016 melawan Thailand. 

Keberhasilan 2 kali mengantarkan Timnas Indonesia ke Piala AFF sama sekali tak bisa disamai oleh Nandar Iskandar, Ivan Kolev maupun Peter White. Sebagai informasi, Nandar Iskandar mengantarkan Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2000. 

Sedangkan Kolev dan White masing-masing mengantarkan Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2002 dan 2004. Pada akhirnya meski sudah meninggal, nama Alfred Riedl akan tetap dikenang sebagai pelatih tersukses Timnas Indonesia di Piala AFF, selamat jalan coach.