Liga Indonesia

Jelang Kick Off Liga 1 2020, Barito Putera Justru Tatap Musim 2021

Rabu, 9 September 2020 13:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Starting eleven Barito Putera saat pertandingan uji coba menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (11/02/20). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Starting eleven Barito Putera saat pertandingan uji coba menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (11/02/20).

INDOSPORT.COM - Barito Putera punya proyeksi jangka panjang, salah satunya dengan mempromosikan banyak pemain muda di kompetisi Liga 1 2020.

Setidaknya dari 26 pemain yang terdaftar di PT LIB, hanya ada empat pemain asing dan beberapa pemain senior seperti Rizky Pora, Aditya Harlan, dan Kurniawan Karman.

Sisanya beberapa pemain di bawah usia 25 tahun, dan mayoritas justru dihuni pemain jebolan Elite Pro Academy U-18 dan U-20. Mereka justru disiapkan untuk Liga 1 2021.

Manajer Barito Putera, Mundari Karya serius membina para wonderkid di tim senior, agar nantinya bisa menjadi tulang punggung di tim, dan tidak lagi mencari pemain di luar.

"Kita ada 26 pemain yang didaftarkan untuk mengikuti Liga 1. Pemain seniornya kan tidak banyak, yang lainnya relatif muda," ujar Mundari Karya dalam laman resmi klub.

"Buat Barito sendiri ini sangat penting, karena kita sedang membangun tim."

Laskar Antasari tidak sembarangan memilih pemain. Diketahui, Barito U-20 adalah runner up Liga 1 U-20 2019 dan Barito U-18 juga selalu konsisten masuk ke putaran final.

Dengan modal tersebut, Mundari yakin anak asuhnya bisa bersaing musim ini, dan sudah solid saat mengarungi kompetisi Liga 1 2021 mendatang.

"Kita memiliki akademi yang bagus dengan prestasi yang bagus, kenapa kita tidak manfaatkan dan yakin dengan pemain yang kita bina."

"Itulah yang ingin kita bangun ke depan, dan saya yakin kita akan memiliki tim yang kuat di putaran kompetisi 2021 nanti," pungkasnya.

Sejatinya, Barito Putera juga berharap para pemain muda ini menjadi tulang punggung Timnas U-20, yang akan mengikuti gelaran Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Saat ini, sudah ada trio Bagas Kaffa, David Maulana, dan Yudha Febrian yang promosi ke tim senior Barito Putera, sekaligus menjadi kepercayaan Shin Tae-yong di Timnas U-19.