Liga Indonesia

Bersama di PSM dan Timnas, Ini Kesan M.Rahmat Pada Sosok Alfred Riedl

Kamis, 10 September 2020 07:59 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Winger asal Takalar, M Rahmat turut merasa kehilangan dengan berpulangnya Alfred Riedl, Senin (7/9/20) malam waktu Austria. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Winger asal Takalar, M Rahmat turut merasa kehilangan dengan berpulangnya Alfred Riedl, Senin (7/9/20) malam waktu Austria.

INDOSPORT.COM - Winger asal Takalar, M Rahmat turut merasa kehilangan dengan berpulangnya Alfred Riedl, Senin (7/9/20) malam waktu Austria. Rahmat pernah bersama pelatih asal Austria itu ketika berseragam PSM Makassar (2015) dan Timnas Indonesia (2016).

Kebersamaan Rahmat bersama Alfred Riedl sejatinya tak lama. Ketika menangani PSM Makassar, Riedl kala itu hanya bersama tim pada masa persiapan menuju QNB League 2015.

Riedl kemudian tak bisa mendampingi tim karena menjalani proses pemulihan pascatransplantasi organ ginjal. Riedl akhirnya mengundurkan diri dari PSM pada 16 April 2015.

Rahmat kembali bertemu Riedl saat menangani Timnas Indonesia. Riedl memanggil Rahmat untuk ikut proses seleksi menuju Piala AFF 2016. Dua perjumpaan singkat itu membawa kesan tersendiri bagi Rahmat.

"Meski kebersamaan kita tidak lama, tapi cukup berkesan buat saya. Terutama waktu kita sama-sama di PSM Makassar," ucap Rahmat, Selasa (8/9/20) malam.

Rahmat menilai Riedl sebagai sosok pelatih yang disiplin. Riedl bukan saja terlihat tegas ketika dalam pertandingan. Riedl pun melakukan hal sama dalam sesi latihan.

"Coach Riedl pelatih yang disiplin, serius. Selama di latihan beliau tidak boleh bercanda, harus betul-betul fokus saat latihan. Pribadinya baik tapi tegas dan penuh kedisiplinan," tutur Rahmat.

Sebelumnya, Alfred Riedl diberitakan meninggal dunia di Wina, Austria pada Senin malam waktu setempat. Riedl meninggal pada usia 70 tahun. Dalam kesempatan menjadi pelatih Timnas Indonesia, Riedl dua kali membawa timnya ke final Piala AFF 2010 dan 2016.