Liga Indonesia

Ini yang Disiapkan Persib untuk Hadapi Laga Tandang Liga 1 2020

Kamis, 10 September 2020 12:11 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Officer Persikabo
Uji coba Persib vs Persikabo di stadion GBLA, Sabtu (05/09/20). Copyright: © Media Officer Persikabo
Uji coba Persib vs Persikabo di stadion GBLA, Sabtu (05/09/20).

INDOSPORT.COM – Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, akan mempersiapkan timnya dengan matang agar saat kompetisi Liga 1 2020 digulirkan kembali, pemainnya bisa tampil maksimal terutama saat melakoni pertandingan tandang.

Sebagai informasi, setiap tim yang akan melakoni pertandingan tandang di lanjutkan kompetisi Liga 1 2020, harus menggunakan bus dari kota asal ke kandang lawan begitupun sebaliknya. Hal itu, sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Menurut Robert Alberts, salah satu persiapan yang dilakukan olehnya yakni dengan mengatur jadwal perjalanan anak asuhnya sebelum melakoni pertandingan tandang, agar kondisi kebugaran pasukannya tetap terjaga.

Pada laga awal lanjutan kompetisi Liga 1 2020, Persib akan menghadapi Madura United, Minggu (04/10/20) dan Barito Putera, Sabtu (10/10/20) di pertandingan tandang. 

"Kami tidak bisa melakukan simulasi perjalanan dengan berkendara selama 15 jam. Kami hanya bisa bersiap semampu kami. Dan kami juga harus bisa mengatur bagaimana kami melakukan perjalanan. Seperti menghadapi dua laga awal (tandang), kami harus pergi menuju Surabaya dan perhitungannya akan memakan waktu 12 jam menggunakan bus," kata Robert Alberts.

"Dan bukan hanya satu bus, tapi dua bus dan satu mobil karena kami harus membawa peralatan. Lalu setelah itu saya pikir Surabaya menuju Yogya (kandang Barito) empat sampai lima jam. Dan ketika melakukan perjalanan lebih dari lima jam tentu itu melelahkan bagi pemain dan official," jelasnya.

Dua pertandingan awal tersebut menurutnya, akan menjadi laga yang melelahkan bagi pasukannya. Karena, skuat Maung Bandung akan menempuh perjalanan darat dari satu kota ke kota lainnya untuk melakoni laga.

"Jadi ini akan menjadi perjalanan panjang untuk dua pertandingan dan kami akan berada 11 hari di luar Bandung. Ketika kembali, tentu kami kelelahan dan setelah itu kami langsung bertanding lagi di kandang. Jadi itu akan sangat berdampak pada liga dan hasil akhir. Kami harus sangat siap untuk itu," tegasnya.

Sementara itu, sebelum kompetisi Liga 1 dihentikan pada pertengahan Maret lalu, skuat Maung Bandung sudah melakoni tiga pertandingan dan berhasil meraih kemenangan. Hasil tersebut, membuat tim kebanggaan Bobotoh berada di puncak klasemen dengan nilai sembilan poin.