Bola Internasional

Keputusan Berat AFC Batalkan Semua Kompetisi Kecuali Liga Champions Asia

Kamis, 10 September 2020 20:01 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) baru saja menggelar rapat virtual eksekutif, Kamis (10/9/2020) untuk membahas nasib beberapa kompetisi. Copyright: © LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) baru saja menggelar rapat virtual eksekutif, Kamis (10/9/2020) untuk membahas nasib beberapa kompetisi.

INDOSPORT.COM - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) baru saja menggelar rapat virtual eksekutif, Kamis (10/9/2020) untuk membahas nasib beberapa kompetisi.

Dalam rapat tersebut, AFC telah resmi memutuskan untuk menunda Piala Asia U-16 dan U-19 2020. Kemudian Piala AFC tahun ini telah dibatalkan.

Sementara itu, Liga Champions Asia justru tetap lanjut dengan memilih Qatar sebagai tuan rumah Grup Barat. Hanya saja, belum ada yang ditunjuk menjadi tuan rumah untuk menggelar pertandingan di Grup Timur.

Situasi pandemi virus corona yang masih menjadi ancaman beberapa negara menjadi alasan utama mengapa AFC mengambil keputusan tersebut.

Dilansir dari laman resmi AFC, Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, menjelaskan kalau langkah-langkah ini dilakukan demi menyelamatkan finansial dari konfederasi.

"Ini adalah masa-masa sulit bagi semua orang yang berhubungan dengan sepakbola dan olahraga secara umum. Kami mengambil langkah-langkah untuk memastikan kesejahteraan finansial AFC dan anggota lainnya," kata Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

"Saya yakin bahwa dengan persatuan dan solidaritas yang membuat AFC dikagumi di seluruh kalangan sepak bola, kami dapat mengatasi tantangan terbaru ini," ucapnya menambahkan.

Keputusan dari AFC itu tentu menjadi kabar buruk bagi Timnas Indonesia U-16 dan U-19 yang sudah menjalani persiapan jauh-jauh hari. Bahkan, Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong sudah dikirim ke Kroasia untuk pemusatan latihan lanjutan.

Kemudian di Piala AFC, Indonesia sendiri memiliki dua wakil yaitu Bali United dan PSM Makassar. Dengan kabar tersebut, mereka tentu akan langsung fokus persiapan kompetisi Liga 1 2020.

Tidak hanya sepak bola, kompetisi AFC Futsal Club Championship 2020 turut menjadi korban. Kejuaraan futsal antar klub se-Asia yang seharusnya digelar di UEA ditunda hingga tahun depan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%