Liga Inggris

Bawa Arsenal Berjaya, Mikel Arteta 'Naik' Jabatan

Jumat, 11 September 2020 16:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© David Price/Arsenal FC via Getty Images
Mikel Arteta mendapat ganjaran setimpal di mana ia dipromosikan dari pelatih kepala menjadi manajer usai membawa Arsenal berjaya. Copyright: © David Price/Arsenal FC via Getty Images
Mikel Arteta mendapat ganjaran setimpal di mana ia dipromosikan dari pelatih kepala menjadi manajer usai membawa Arsenal berjaya.

INDOSPORT.COM – Mikel Arteta mendapat ganjaran setimpal atas sepak terjangnya sejauh ini bersama Arsenal setelah ia dilaporkan mendapat perubahan status dari jabatan pelatih kepala menjadi manajer The Gunners.

Arteta ditunjuk sebagai pelatih oleh Arsenal pada akhir 2019 silam. Sebelumnya ia hanyalah asisten manajer dari Pep Guardiola di Man City. Kendati berstatus tangan kanan Guardiola, nyatanya ia mampu membawa tuah kepada The Gunners.

Sejak dirinya didapuk menjadi pelatih, Arsenal perlahan mulai bangkit dari keterpurukan. Bahkan kendati finis di tempat kedelapan Liga Inggris 2019/20, Arteta mampu membawa The Gunners meraih titel Piala FA 2019/20.

Lalu di awal musim 2020/21, Arteta kembali menunjukkan daya magisnya dengan membawa Arsenal menumbangkan Liverpool di Community Shield 2020. Tentu pencapaian luar biasa untuk pria yang baru merasakan atmosfer dunia kepelatihan selama hampir sembilan bulan.

Atas prestasinya tersebut, Arsenal pun memberikan status anyar dalam jabatan yang diemban Mikel Arteta sebelum menyongsong Liga Inggris 2020/21. Pria berusia 38 tahun ini akan menyandang jabatan manajer The Gunners setelah sebelumnya berstatus pelatih kepala.

“Sembilan bulan terakhir mungkin adalah bulan-bulan yang menantang sepanjang sejarah Arsenal. Terlepas dari seluruh tantangan tersebut, Mikel (Arteta) telah membuat tim ini melangkah maju,” ujar petinggi The Gunners, Vinai Venkatesham dikutip dari Sky Sports.

Sebagai informasi tambahan, ada perbedaan dalam status pelatih dan manajer. Pelatih biasanya merupakan figur yang meracik strategi, mengatur porsi latihan dan memberi instruksi di lapangan. Sedangkan manajer terlihat lebih kompleks karena terlibat dengan urusan di dalam dan luar lapangan.

Di Eropa, terutama Inggris, jabatan manajer sepak bola lebih dari sekedar memberi arahan di lapangan dan di luar lapangan. Jabatan ini di anggap sebagai citra klub tersebut. Arteta dengan tindak tanduknya dirasa Arsenal pantas menyandang status tersebut.

Dengan adanya status tersebut, tugas berat akan menanti Mikel Arteta di musim 2020/21. Pertama-tama perannya sebagai manajer akan ditunjukkan saat Arsenal bertandang ke markas Fulham di pekan perdana Liga Inggris 2020/21.