Liga Italia

3 Perubahan Taktik yang Akan Dibawa Andrea Pirlo di Juventus

Selasa, 15 September 2020 17:54 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Memutuskan menjadi pelatih klub Serie A Italia, Juventus, Andrea Pirlo diyakini bakal membawa tiga perubahan ini. Copyright: © Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Memutuskan menjadi pelatih klub Serie A Italia, Juventus, Andrea Pirlo diyakini bakal membawa tiga perubahan ini.

INDOSPORT.COM - Memutuskan menjadi pelatih klub Serie A Italia, Juventus, Andrea Pirlo diyakini bakal membawa tiga perubahan ini. 

Klub raksasa Serie A Italia, Juventus, telah resmi menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih anyar mereka musim depan. Pirlo menggantikan Maurizio Sarri yang dianggap gagal usai tersingkir memalukan dari Lyon di Liga Champions.

Penunjukkan Andrea Pirlo sebagai pelatih kepala Juventus pun mengejutkan banyak pihak. Mulai dari pemain, mantan pemain, sampai pelatih tak mengira manuver tajam Juventus tersebut.

Rekam jejak Pirlo yang nol di dunia kepelatihan klub menjadi penyebab utamanya. Meski begitu, Pirlo nyatanya mampu meyakinkan Andrea Agnelli dan jajaran manajemen untuk menunjuk dirinya.

Kedatangan Andrea Pirlo otomatis bakal mengubah mindset tim Juventus. Setidaknya, visi, kreasi, dan kecerdasannya saat menjadi pemain profesional menjadi syarat yang cukup untuk memberikan titel juara. Namun, apakah Juventus siap untuk memberikan waktu dan ruang bagi Pirlo berkreasi?

Meski belum bertanding di lapangan resmi, sebetulnya gaya melatih Pirlo bisa diiintip dari kebijakannya dalam transfer pemain. Ditambah lagi, Pirlo juga memiliki karakter dan gaya main tersendiri saat masih aktif menjadi pemain. Dari-dari hal-hal di atas perubahan taktik pun bisa ia terapkan di Juventus.

1. Gaya Menyerang Modern

Seperti yang dikatakan Petinggi Juventus, Paratici, dalam presentasinya, Andrea Pirlo ingin membawa Juventus ke dalam permainan sepak bola yang modern dengan kualitas tinggi dan kerja keras.

Jika menilik hal ini, maka formasi 4-3-3 paling cocok untuk Juve. Juve juga diwajibkan memiliki pemain-pemain muda dengan kecepatan dan daya tahan tinggi untuk selalu menekan lawan dengan penguasaan bola.

“Itu tergantung pada para pemain, tapi saya suka 4-3-3 dengan semua orang menyerang ke depan," ujar Pirlo seperti dikutip dari Football Italia beberapa waktu lalu.

Di bawah Andrea Pirlo, Juventus diyakini bakal mengurangi permainan bertahan. Gaya bermain klub Liga Inggris seperti Liverpool atau Man City mungkin menggambarkan apa yang dimau oleh seorang Pirlo. Apalagi, ia memiliki Cristiano Ronaldo dan Paulo Dybala.

2. Adaptasi

Meski memiliki visi bermain yang jelas, yakni sepak bola modern dengan penguasaan bola dan kerja keras dari pemain, namun Pirlo bukan pelatih yang kaku.

Dalam sebuah kesempatan ia mengungkapkan bahwa dirinya tak akan memaksakan taktik tertentu kepada pemain yang tak cocok dengan strateginya. Kemungkinan besar, ia tipe pelatih yang memiliki 2-3 formasi sebagai cadangan dalam kondisi tertentu.

Tentu saja adaptasi semacam ini sangat baik bagi Juventus. Pada musim lalu, Maurizio Sarri cenderung terpaku pada gaya melatihnya dan gagal beradaptasi dengan baik terhadap lawan.