Liga Italia

Karier Andrea Pirlo Seumur Jagung, Ini 5 Pelatih Pengganti Juventus

Selasa, 15 September 2020 16:19 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Isman Fadil
© Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Karier Andrea Pirlo bisa jadi hanya seumur jagung di Serie A Liga Italia, ini lima kandidat kuat pelatih pengganti Juventus. Copyright: © Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Karier Andrea Pirlo bisa jadi hanya seumur jagung di Serie A Liga Italia, ini lima kandidat kuat pelatih pengganti Juventus.

INDOSPORT.COM - Ditunjuknya Andrea Pirlo sebagai pelatih utama raksasa Serie A Liga Italia, Juventus bisa jadi hanya seumur jagung. Berikut lima pelatih yang akan bisa jadi penggantinya jika tunjukkan hasil mengecewakan musim 2020-2021.

Bianconeri menyelesaikan musim lalu cukup gemilang ketika sukses meraih Scudetto lagi untuk kali kesembilannya. Akan tetapi walaupun punya prestasi gemilang di tingkat domestik, satu-satunya kekecewaan mereka ialah hasil minor usai tersingkir di 16 besar Liga Champions.

Tak butuh waktu lama usai tersingkir secara tragis kontra Lyon, Si Nyonya Tua langsung memecat pelatihnya yakni Maurizio Sarri dan digantikan oleh Andrea Pirlo. Menunjuk mantan gelandang legendarisnya sebagai juru taktik utama nyatanya belum tentu membawa kabar segar bagi Juve.

Maklum, pengalaman Pirlo hanya sebatas melatih tim Juventus U-23 dan baru saja mendapat lisensi kepelatihan senior dengan judul esai bertajuk My Football. Bisa dibilang klub yang bermarkas di Allianz Stadium ini melakukan judi dengan peluang gagal cukup besar.

Ya, nasib Pirlo justru bisa menodai pencapaian Juventus untuk menyabet juara Serie A Liga Italia untuk kesepuluh kalinya. Mengingat kariernya mungkin hanya sejenak, berikut INDOSPORT merangkum lima pelatih penggantinya dilansir laman Sportskeeda.

5. Gian Piero Gasperini

Mendapat predikat pelatih paling diremehkan saat ini, sosok Gian Piero Gasperini sejatinya punya catatan manis ketika mengawali karier di tim muda Juventus. Walaupun tak terlalu punya nama besar, ia berhasil tunjukkan tajinya kala menukangi Atalanta yang penuh kejutan.

Musim lalu La Dea tercatat mampu menjadi tim pengumpul gol terbanyak di gelaran kompetisi kasta atas Negeri Pizza, mampu melaju ke perempatfinal Liga Champions, dan dua kali berturut-turut dapat tiket di pentas teratas Eropa. Hebatnya lagi Gasperini sukses mencapai itu semua dengan skuat lebih murah ketimbang saat Sarri tukangi Napoli.

Berpotensi menjadi pelatih pengganti Andrea Pirlo, Gasperini nampak bakal sangat sulit untuk didatangkan oleh Juventus karena jasa-jasanya yang terkesan tak tergantikan. Namun tetap saja peluang itu ada dengan syarat Juve bisa mendominasi Serie A musim ini.

4. Laurent Blanc

Meskipun belum ada pekerjaan kepelatihan sejak 2016 silam, kapanpun ada posisi lowong pelatih nama Laurent Blanc selalu muncul. Tak heran sosok juru latih asal Prancis ini punya nama besar dibelakang layar kala tak muncul di lapangan selama empat tahun lamanya.

Sepak terjangnya di lapangan hijau sebagai mantan pemain Barcelona membuat Blanc punya taktik khusus dalam penguasaan bola dan bisa menorehkan sukses sama di Juventus kelak. Sebagai bukti kehebatannya ialah kemenangan gelar domestik oleh PSG, Bourdeux, dan tampil gemilang bareng Timnas Prancis.

Kedatangannya ke Juventus pun akan memberikan keuntungan pribadi mengingat Blanc tak terlalu bermasalah melatih banyak nama-nama pemain besar seperti Cristiano Ronaldo dan Paulo Dybala. Apalagi ia pernah berurusan dengan sosok Zlatan Ibrahimovic sebelumnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
11%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
22%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%