Liga Indonesia

Sempat Diragukan, Performa Beto Langsung Puaskan Pelatih Sriwijaya FC

Selasa, 15 September 2020 23:45 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Indra Citra Sena
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Striker Beto Goncalves saat baru tiba di Palembang, langsung menjumpai rekan-rekannya di Stadion Bumi Sriwijaya. Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Striker Beto Goncalves saat baru tiba di Palembang, langsung menjumpai rekan-rekannya di Stadion Bumi Sriwijaya.

INDOSPORT.COM - Striker anyar Sriwijaya FC, Beto Goncalves, diketahui telah sepekan bergabung dan melakoni satu laga uji coba bersama rekan-rekan barunya, yakni kontra Bhayangkara Sriwijaya, Sabtu (12/9/20).

Dari 10 gol yang tercipta, dua di antaranya dicetak Beto. Ternyata hal ini membuat pelatih Sriwijaya FC, Budiardjo Thalib, terkejut, kok bisa?

“Saya pikir Beto bagus. Lebih bagus dari saya pikir. Saya sebenarnya sempat ragu, tapi saya lihat dia bagus,” kata Budiardjo Thalib, Senin (14/9/20).

Keraguan Budiardjo dikarenakan Beto baru bergabung selama tiga hari, sehingga pelatih tidak menargetkan pemilik jersey 9 Sriwijaya FC ini harus mencetak gol.

Toh, pada kenyataannya Beto Goncalves berhasil menyarangkan dua gol. Dia menunjukkan kelas dan pengalamannya dengan cepat beradaptasi di Sriwijaya FC.

Beto striker haus gol, wajar jika ia sempat menyabet gelar top skor Liga Indonesia 2011-2012 dan memperkuat timnas Indonesia beberapa waktu lalu.

Kehadiran Beto diakui Budiardjo membuat lini depan Laskar Wong Kito bakal lebih garang. Dia akan menjadi mesin gol Sriwijaya FC untuk mengarungi lanjutan Liga 2 2020, bahkan disebut-sebut bakal menyandang ban kapten.

“Beto pemain bagus, sangat bagus untuk pemain depan kami. Soal kans Beto menjadi kapten tim, nanti dibicarakan lagi,” jelas Budiardjo Thalib.

Kendati belum diputuskan, Beto sebenarnya layak menjadi kapten tim. Dia berpengalaman, punya sederet prestasi, berkharisma serta memiliki jiwa pemimpin.

Saat bergabung, Beto Goncalves langsung coba merangkul rekan-rekan barunya, dengan mengatakan tak ada pemain bintang atau istimewa di dalam tim. Mereka adalah tim dan saling membutuhkan.

“Saya butuh kalian, dan saya diminta membantu kalian. Mari kita bekerja sama meloloskan Sriwijaya FC ke Liga 1,” ujar Beto.

Di mana pun, baik bersama klub ataupun timnas Indonesia, Beto selalu mengatakan hal itu kepada rekan satu timnya. Mereka harus dapat bekerja sama untuk mencapai target manajemen dan pelatih.

Di lapangan hijau, pemain Sriwijaya FC tampak begitu menghormati Beto Goncalves. Beberapa rekan setim bahkan memanggilnya ‘Papa’ lantaran dianggap paling senior di tim.