Liga Indonesia

Dokter Persib Beberkan Kondisi Cedera Kim Jeffrey Kurniawan

Kamis, 17 September 2020 21:16 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Kim Jeffrey Kurniawan dan Omid Nazari berlatih di Lapangan Inspire Arena, Jalan Sersan Bajuri, Cihidueng, Kabupaten Bandung Barat, Senin (27/01/2020). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Kim Jeffrey Kurniawan dan Omid Nazari berlatih di Lapangan Inspire Arena, Jalan Sersan Bajuri, Cihidueng, Kabupaten Bandung Barat, Senin (27/01/2020).

INDOSPORT.COM - Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, membeberkan kondisi Kim Jeffrey Kurniawan yang mengalami cedera di bagian rusuk kanannya. 

Menurut Rafi, cedera tersebut didapat Kim setelah berbenturan dengan rekan setimnya, saat menjalankan program latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, beberapa waktu lalu. 

Setelah mengalami benturan, pemain yang menggunakan nomor punggung 23 tersebut masih bisa beraktivitas seperti biasa. Namun, Kim akhirnya merasakan nyeri yang membuatnya harus menjalani pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI), untuk mengetahui penyebab rasa nyeri tersebut.

"Kim itu kan memang pada saat latihan uji tanding ada benturan dengan salah seorang pemain kita, terus benturannya dibagian rusuk kanan dan pada saat keesokan harinya masih melakukan aktivitas seperti biasa," ucap Rafi Ghani, Kamis (17/09/20). 

"Kurang lebih satu atau dua minggu dan setelah aktivitas biasa, dia merasa ada hal yang dirasakan kurang nyaman, ada rasa nyeri. Jadi kita periksa si rasa nyerinya itu tidak satu tempat, tapi dengan berjalannya waktu ada satu titik merasakan nyeri kita melakukan MRI. Hasil MRI nya memang ada fraktur ada patah tulang di bagian rusuknya," jelas Rafi menambahkan. 

Meski mengalami patah di bagian tulang rusuknya, namun pemain berdarah Jerman tersebut menurut Rafi, tidak perlu mendapatkan tindakan lanjutan atau operasi dan hanya diinstruksikan untuk beristirahat.

"Tapi karena posisinya bagus artinya tidak memerlukan reposisi lagi, tidak perlu ada tindakan apa-apa lagi cuma kita lakukan istirahat supaya tulangnya nempel," ucapnya. 

Melihat kondisi yang dialami Kim, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini menurut Rafi membutuhkan waktu sekitar enam pekan untuk memulihkan kondisinya. Meski begitu, ia berharap proses pemulihannya bisa lebih cepat dari prediksi. 

"Kalau perhitungan setelah saya konsultasi dengan ortopedi, hal ini tidak bisa diapa-apakan karena frakturnya tidak mengganggu organ bagian dalam, paru-paru dan jantung. Jadi biarkan supaya frakturnya nempel dengan sempurna kurang lebih enam minggu," ungkapnya. 

Rafi belum bisa memprediksi, berapa pertandingan Kim akan absen memperkuat Persib. Namun, laga awal lanjutan Liga 1 2020 menghadapi Madura United, 4 Oktober 2020 dia dipastikan tidak dapat diturunkan.