Liga Indonesia

Persib Bandung Kembali Gelar Rapid Test Jelang Liga 1 2020

Kamis, 17 September 2020 16:40 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Media Officer Persib
Pemain Persib Bandung, menjalani rapid tes di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Minggu (09/08/20). Copyright: © Media Officer Persib
Pemain Persib Bandung, menjalani rapid tes di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Minggu (09/08/20).

INDOSPORT.COM - Tim Persib Bandung, kembali menggelar rapid test sebelum memulai latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (17/09/20). 

Menurut pelatih Persib, Robert Rene Alberts, rapid test yang diikuti pemain, jajaran pelatih dan official tim sengaja digelar kembali, sebagai antisipasi dan memastikan di dalam timnya tidak ada yang terpapar Covid-19 atau virus Corona. 

Pelatih asal Belanda ini menuturkan, setelah menjalani rapid test seluruh pemain, jajaran pelatih dan official tim Maung Bandung non reaktif. Sehingga, tim kebanggaan Bobotoh bisa melanjutkan program latihan di Stadion berkapasitas 38 ribu tempat duduk tersebut. 

"Yang terpenting rapid test ini dilakukan, karena ada salah satu wartawan yang datang ke stadion (hari Selasa) dinyatakan positif Covid. Itu mengingatkan kami lagi soal betapa pentingnya mengikuti prosedur kesehatan di suatu tempat," kata Robert Alberts.  

"Orang yang mau mendekati tim harus mengikuti itu, karena kami butuh lingkungan yang aman. Jadi itu mengapa kami melakukan rapid test dan semuanya hasilnya negatif, jadi itu bagus bagi kami.," jelasnya. 

Robert Alberts kembali mengingatkan semua pihak, terutama pemainnya untuk waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan di dalam maupun luar lapangan. Agar terhindar dari penyebaran virus Corona. 

"Tapi, kami juga harus memastikan semuanya tidak bisa mendekati kami dengan membawa virus Covid seperti pertemuan hari Selasa lalu. Termasuk untuk pemain kami, mereka harus tetap disiplin, mereka tahu apa yang harus dilakukan," ungkapnya. 

"Bukan hanya ketika bersama tim tapi di luar itu seperti ketika menghadapi event. Orang harus mengerti bagaimana bahayanya Covid ini," ucapnya. 

Menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2020, mantan pelatih PSM Makassar ini ingin menjaga anak asuhnya agar terhindar dari virus Corona. 

Sehingga, selain menerapkan protokol kesehatan, skuat Maung Bandung juga rutin melakukan tes. Bahkan, mendekati kick off Liga 1 2020, tim Maung Bandung akan melakukan swab test. 

"Dan jika kami sebagai tim akan memainkan laga sekitar dua pekan dari sekarang, semua harus dipastikan bebas dari virus," ujarnya. 

"Dan kami juga harus memastikan orang yang ada di sekitar kami bebas jadi virus. Jadi itu yang dilakukan pagi ini, kami memastikan lingkungan yang aman," tegasnya. 

Sementara itu, tegasnya penerapan protokol kesehatan berlaku juga bagi tim yang akan beruji coba dengan Persib, seperti Tira Persikabo yang Sabtu (05/09/2020) lalau menjadi lawan uji coba. Saat itu, mereka harus menjalani tes covid-19 lebih dulu sebelum bertanding di Bandung.