Liga Spanyol

3 Alasan yang Bikin Luis Suarez Putuskan Bertahan di Barcelona

Jumat, 18 September 2020 19:49 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Lanjar Wiratri
© Quality Sport Images/Getty Images
Luis Suarez tampaknya telah gagal dalam kepergiannya dari Barcelona dan hengkang ke Juventus musim panas ini. Copyright: © Quality Sport Images/Getty Images
Luis Suarez tampaknya telah gagal dalam kepergiannya dari Barcelona dan hengkang ke Juventus musim panas ini.

INDOSPORT.COM - Luis Suarez tampaknya gagal untuk meninggalkan Barcelona dan hengkang ke Juventus musim panas ini. Memutuskan untuk tak pergu dari Barca, Suarez membuka peluang bertahan di Camp Nou hingga masa baktinya selesai.

Sebelumnya, Luis Suarez disebut harus segera pergi dari raksasa La Liga Spanyol, Barcelona, pada bursa transfer ini. Pasalnya, ia tidak masuk dalam rencana pelatih anyar Blaugrana, Ronald Koeman. 

Luis Suarez sejatinya telah mencapai kesepakatan dengan Juventus namun kepindahannya ke Turin terkendala oleh aturan paspor Uni Eropa (UE). 

Diketahui, kuota pemain non-UE Si Nyonya Tua sudah habis, sehingga Suarez harus mengurus kewarganegaraan Italia. Untuk mendapatkan kewarganegaraan Italia, Suarez harus menjalani serangkaian tes terlebih dahulu dan dimulai dengan tes bahasa pada Kamis (17/09/20) kemarin. 

Menurut laporan RAC1, jika Suarez ngotot mengikuti tes, ia baru bisa mendapatkan kewarganegaraan Italia-nya setelah tanggal 6 Oktober 2020. Dengan demikian, Suarez tidak akan bisa bermain di babak grup Liga Champions, karena nama-nama pemain wajib didaftarkan maksimal pada tanggal tersebut.

Hal ini membuat spekulasi bahwa pemain asal Uruguay ini lebih bisa memiliki peluang untuk bertahan di Barcelona hingga semua urusan yang menganut kepindahannya selesai. Berikut ini beberapa alasan Luis Suarez bisa bertahan di La Blaugrana.

1. Rekan Setimnya Lionel Messi memilih bertahan di Barcelona

 Keinginan Luis Suarez untuk hengkang dari Barcelona memuncak ketika mengetahui Lionel Messi sudah meminta pihak klub untuk menjualnya ke klub lain. Ada rasa 'pertemanan' di balik insiden itu.

Namun kini situasinya telah berubah. Lionel Messi dipastikan bertahan, dan akan tetap menjadi tandem di lini serang. Toh, sejauh ini Barcelona belum memiliki ujung tombak baru.

Artinya, meski masih ada Antoine Griezmann dan Ansu Fati, agaknya sektor penyerang tengah akan tetap menjadi milik Luis Suarez. Ia tak perlu takut Koeman tak akan memainkannya meskipun pada laga uji coba melawan Gimnastic, namanya tidak masuk.

2. Dapat Dukungan Moral dari Miralem Pjanic

Setelah resmi berseragam Barcelona, Miralem Pjanic menyempatkan diri membahas gaya permainan tim barunya, termasuk mengomentari Luis Suarez dan Lionel Messi di lini serang.

"Trio Sergio Busquets, Andres Iniesta, dan Xavi Hernandez bermain sangat luar biasa. Tapi, pemain-pemain sekarang juga tak kalah hebat," kata Pjanic disadur dari Mundo Deportivo.

"Waktu saya mendengar Lionel Messi mau pindah klub, saya tidak membayangkannya. Untung itu tidak terealisasi. Kini segalanya telah membaik."

"Luis Suarez, dia adalah pencetak gol yang luar biasa. Jika dia bertahan, itu akan bagus. Mudah-mudahan dia tetap di sini karena saya ingin bermain dengannya," kata Pjanic lagi.

3. Ronald Koeman Sudah Mulai Kendor

Dilansir dari Sport, Ronald Koeman dikabarkan telah memberikan tawaran yang menjanjikan kepada Luis Suarez, sesuatu yang membuat Koeman melunak meski awalnya tidak menginginkan Suarez.

Laporan ini berkembang menyusul hadirnya Luis Suarez pada latihan bersama skuat Barcelona yang lainnya. Ia tampak berlatih secara normal, bahkan cenderung bersemangat.

Media Uruguay, Ovacion Digital, mengabarkan, Koeman berjanji akan memasukkan Luis Suarez ke skema utamanya di Barcelona musim ini jika transfer ke Juventus batal.