Liga Indonesia

Persipura Ogah Menerka-nerka Kekuatan Lawan di Liga 1 2020

Rabu, 23 September 2020 15:38 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Media Officer Persipura
Skuat Persipura Jayapura saat menjalani latihan di Malang. Copyright: © Media Officer Persipura
Skuat Persipura Jayapura saat menjalani latihan di Malang.

INDOSPORT.COM - Skuat Persipura Jayapura menatap kompetisi Liga 1 2020 dengan optimistis. Meskipun yakin dengan skuat mereka setelah kehilangan empat pemain, namun tim Mutiara Hitam tak mau asal menerka kekuatan para lawan.

Sang pelatih, Jacksen F. Tiago mengatakan, membaca kekuatan lawan memang menjadi tugasnya sebagai seorang juru taktik. Namun ia mengaku tak bisa menjadikan hal tersebut sebagai sebuah pedoman untuk mendapatkan hasil positif. Pasalnya, pelatih berpaspor Brasil ini menuturkan, tak ada satupun tim yang bisa diunggulkan jika hanya berkaca pada materi tim.

"Sebagai pelatih, tentu itu menjadi tugas saya. Setiap hari itu yang saya lakukan, membaca kekuatan lawan, tapi kita juga tidak bisa asal meraba-raba saja," ujar Jacksen Tiago, Rabu (23/08/20).

"Berkaca pada Liga Champions Eropa hasilnya banyak di luar dugaan, sama dengan kompetisi kita sekarang, banyak yang tidak diunggulkan menjadi unggulan, makanya kita sebaliknya sedang mempelajari tapi tidak ada yang pasti," tambahnya.

Kata Jacksen, kekuatan tim lawan sesungguhnya baru akan terlihat saat lanjutan kompetisi Liga 1 2020 kembali bergulir, Oktober mendatang.

"Kita nanti baru bisa melihat itu saat kompetisi berjalan. Disitu baru kita bisa tahu kekuatan setiap tim di Liga 1 seperti apa," pungkas Jacksen.

Sebelumnya, Jacksen juga tak menolak jika Persipura disebut sebagai tim unggulan juara, meskipun ia juga enggan jumawa dengan materi tim yang ia miliki saat ini.

Jacksen menyebutkan, status sebagai tim unggulan tak ada gunanya jika tak dibarengi dengan penampilan yang konsisten di atas lapangan.

"Semoga saja, kita tahu bahwa prediksi di atas kertas itu sering salah dan agar itu menjadi sebuah kenyataan kita harus bekerja dengan sungguh-sungguh dan  belajar dari kegagalan kita di musim kemarin, semoga tidak terulang lagi. Tinggal bagaimana perjalanan kita di kompetisi nanti," tutur Jacksen," ungkapnya. 

"Tim bagus yang punya potensi belum tentu yang terbaik, kalau mau menjadi yang terbaik harus konsisten di setiap pertandingan. Karena di kompetisi nanti pasti akan sangat berbeda. Jangan karena kita merasa hebat terus kita terlena," pungkasnya.

Skuat Mutiara Hitam akan menjamu Persija Jakarta di laga perdana lanjutan kompetisi Liga 1 2020 di Stadion Gajayana, Malang, 3 Oktober mendatang. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%