Bola Internasional

Bukan Munchen dan Juventus, Ini 5 Klub Eropa Paling Banyak Juara Liga

Kamis, 24 September 2020 12:08 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dua klub Eropa, yakni Bayern Munchen dan Juventus saat ini menjadi tim yang sering kali mendapatkan gelar juara di kompetisi sepak bola negara masing-masing. Hal ini dapat dilihat selama satu dekade ke belakang.

Di Bundesliga Jerman, Bayern Munchen selalu menjadi dominasi untuk meraih gelar juara. Tercatat mereka selama delapan tahun berturut-turut menjadi kampiun di kompetisi domestik. Total 30 trofi yang berhasil dikumpulkan oleh Munchen.

Bukan hanya Bayern Munchen yang berhasil menunjukkan kekuasaannya. Juventus pun mencatatkan dirinya kembali sebagai kampiun Serie A Liga Italia, selama sembilan musim ke belakang. Nyonya Tua pun menjadi tim yang paling banyak juara di kompetisi tersebut dengan raihan 36 trofi.

Di LaLiga Spanyol, Real Madrid berhasil bangkit di sisa musim selepas jeda dan meraih gelar ke-34nya. Dengan elegan Los Blancos mampu menyalip Barcelona di pekan-pekan akhir dan memutus dominasi tim Blaugrana selama dua musim sebelumnya.

Memang bisa dikatakan bahwa ketiga klub tersebut menjadi tim yang selalu bermain mendominasi dalam persaingan gelar juara. Namun, rupanya tidak hanya Bayern Munchen, Juventus dan Real Madrid saja yang memiliki banyak gelar di kompetisi domestik.

Berikut 5 klub Eropa paling banyak juara liga, sebagaimana dirangkum dari Sportskeeda:

1. Rangers (Skotlandia) 54 trofi

Celtic memang sedang berkuasa di Scottish Premiership satu dekade ini. Namun, Rangers masih bisa membanggakan sesuatu karena merekalah rajanya Skotlandia, meskipun terakhir kali menjadi juara pada musim 2010/2011.

Namun, hal itu masih cukup untuk menegaskan bahwa Rangers merupakan klub tersukses di Skotlandia dan Eropa. Total, Rangers memiliki raihan trofi liga sebanyak 54 unggul tiga dari rivalnya Celtic.

2. Linfield (Irlandia Utara) 54 trofi

Linfield memang kurang terdengar namanya di sepak bola Eropa. Namun, di negaranya klub tersebut merupakan tim paling istimewa dan dicintai banyak masyarakatnya. Linfield menjadi penguasa di Northern Irish.

Linfield menjadi klub Eropa dengan raihan trofi terbanyak di liga dengan total 54 trofi. Musim lalu mereka juga diuntungkan dengan kompetisi yang ditangguhkan akibat pandemi COVID-19, yang memimpin kala itu langsung dijadikan sebagai juara.