Bola Internasional

Hasil Pertandingan UEFA Super Cup Bayern Munchen vs Sevilla: Untung Ada Javi Martinez

Jumat, 25 September 2020 04:34 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas
© twitter.com/fcbayern
Javi Martinez usai mencetak gol bagi Bayern Munchen vs Sevilla di ajang UEFA Super Cup 2020. Copyright: © twitter.com/fcbayern
Javi Martinez usai mencetak gol bagi Bayern Munchen vs Sevilla di ajang UEFA Super Cup 2020.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil dan jalannya pertandingan UEFA Super Cup Bayern Munchen vs Sevilla di Puskas Arena, Hungaria, Jumat (25/09/20) dini hari WIB.

Babak Pertama

Usai peluit dimulainya pertandingan dibunyikan, baik Bayern Munchen dan Sevilla bermain sama-sama menyerang. Bahkan tim asal Andalusia ini terlihat lebih spartan dan dominan di 10 menit pertama.

Cara agresif Sevilla pun membuahkan hasil. Di menit 11, wasit menunjuk titik putih usai Luuk De Jong dijatuhkan oleh David Alaba di kotak penalti. Lucas Ocampos yang jadi algojo pun tak menyia-nyiakan peluang emas.

Sepakan mendatarnya ke arah pojok kiri gawang tak mampu dihadang oleh Manuel Neuer. Alhasil skor berubah menjadi 1-0 untuk Sevilla di menit ke-13.

Tertinggal satu gol, Munchen pun mencoba mengimbangi permainan cepat Sevilla. Namun berkali-kali pergerakan Serge Gnabry, Leroy Sane, dan Robert Lewandowski harus terhadap kokohnya pertahanan tim berjuluk Los Palanganas itu.

Pada menit ke-22, Munchen hampir menyamakan kedudukan. Sayang umpan Lewandowski gagal dimaksimalkan Thomas Muller sehingga hanya menghasilkan sepak pojok yang juga gagal dimaksimalkan menjadi gol.

Munchen kian menggila dan melakukan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Sevilla. Bahkan pressing ketat Die Roten membuat Los Palanganas lebih banyak melepaskan umpan lambung atau membuang bola.

Pada menit ke-30, Munchen mendapat peluang emas lewat Lewandowski. Namun sepakan penyerang asal Polandia ini gagal mengelabui kiper Sevilla, Yassine Bounou.

Empat menit usai peluang emas yang didapatkan Lewandowski, penyerang berusia 32 tahun ini menciptakan peluang untuk Leon Goretzka yang berhasil mencetak gol.

Berawal dari umpang silang Muller, Lewandowski yang lolos dari pengawalan mampu memberi umpan pendek ke Goretzka yang masuk ke kotak 16. Skor menjadi 1-1.

Setelah gol penyeimbang kedudukan, tak ada peluang emas yang tercipta dari kedua tim. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Sama layaknya awal babak pertama, Sevilla langsung tancap gas menggempur pertahanan Bayern Munchen. Bahkan baru satu menit babak kedua berjalan, Los Palanganas mendapat peluang emas lewat De Jong.

Munchen sebenarnya bisa menambah gol lewat Lewandowski. Namun golnya di menit ke-51 harus dianulir VAR yang menyatakan dirinya offside terlebih dahulu.

Pada menit ke-58, Munchen kembali menebar ancaman. Sayang sepakan Sane terlalu pelan dan hanya membentur badan bek Sevilla usai memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Gnabry.

Sevilla pun berkali-kali mencoba keluar dari tekanan. Bahkan pergantian pemain dilakukan demi mengimbangi pressing ketat yang dilancarkan kubu Die Roten.

Lagi dan lagi gol Munchen dianulir wasit Anthony Taylor. Kini gol Sane pada menit ke-62 yang dianulir karena Lewandowski dianggap menjatuhkan Escudero dalam proses gol tersebut.

Praktis di 25 menit pertama babak kedua Sevilla harus menerima pertahanannya digempur oleh Die Roten dan hanya memanfaatkan serangan balik dengan menyisakan dua pemain di area pertahanan Munchen.

Bahkan peluang demi peluang didapatkan Munchen baik dari Lewandowski, Muller, dan Gnabry. Sayang tak ada gol tercipta memasuki menit ke-80.

Pada menit ke-87, Sevilla berpeluang mencetak gol. Memanfaatkan serangan balik cepat, Youssef En-Nesyri gagal menceploskan bola kendati tinggal berhadapan dengan Neuer.

Namun hingga peluit panjang dibunyikan, tak ada gol yang tercipta. Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit pertandingan berakhir sehingga dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Babak Pertama Extra Time

Di menit awal babak tambahan, Sevilla langsung tancap gas. Dua peluang didapatkan dari En-Nesyri di mana salah satunya membentur tiang gawang usai Neuer melakukan penyelamatan dengan kakinya.

Selepasnya, tempo permainan berjalan monoton dan tanpa peluang emas bahkan memasukin lima menit terakhir berakhirnya babak pertama Extra Time. Nampak raut kelelahan dari para pemain kedua tim.

Di menit ke-100, Joshua Kimmich hampir membuka keunggulan. Namun kontrol bola dan sepakannya begitu lemah dan jauh dari sasaran.

Akhirnya gol yang dinanti pun tiba. Tepat pada menit ke-104, pemain yang baru masuk, Javi Martinez mencetak gol lewat tandukannya memanfaatkan bola muntah sapuan Bounou. Skor menjadi 2-1 untuk Munchen.

Seakan Deja Vu, Martinez untuk kedua kalinya sejak berseragam Bayern Munchen mencetak gol di babak tambahan waktu UEFA Super Cup setelah pertama kali mencetak gol di ajang ini tepat di babak tambahan waktu kala melawan Chelsea di tahun 2013.

Babak Kedua Extra Time

Di babak tambahan kedua, permainan Bayern Munchen sedikit mengendur. Hal ini berbanding terbalik dengan Sevilla yang mencoba mengejar ketertinggalan.

Pelanggaran demi pelanggaran bahkan kerap terjadi di 15 menit kedua ini. Munchen yang biasa tampil menyerang, kini memilih menumpuk sembilan pemain di setengah lapangan dan membiarkan Lewandowski bergerak sendiri di lini depan.

Namun agresifnya pergerakan dan serangan Sevilla tetap saja tak membuahkan hasil. Alhasil, tak ada gol tercipta hingga peluit panjang dibunyikan Anthony Taylor. Skor 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan skor ini, Bayern Munchen berhasil merengkuh trofi UEFA Super Cup keduanya yang terakhir diraih pada tahun 2013 silam.

Susunan Pemain:

Bayern Munchen (4-2-3-1): Neuer; Pavard, Alaba, Sule, Lucas Hernandez; Goretzka, Kimmich; Gnabry, Muller, Sane; Lewandowski

Sevilla (4-3-3): Bounou; Jesus Navas, Kounde, Diego Carlos, Escudero; Jordan, Fernando, Rakitic; Suso, Luuk de Jong, Lucas Ocampos

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%