Bola Internasional

2 Tahun Berlalu, PSSI-nya Jerman Akui ‘Kejahatan’ Mereka ke Mesut Ozil

Senin, 28 September 2020 21:09 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© worldnews.com.ng
Federasi sepak bola (FA) Jerman akhirnya mengakui kesalahan mereka terhadap Mesut Ozil yang berujung keputusan pensiun sang pemain dari tugas membela timnas. Copyright: © worldnews.com.ng
Federasi sepak bola (FA) Jerman akhirnya mengakui kesalahan mereka terhadap Mesut Ozil yang berujung keputusan pensiun sang pemain dari tugas membela timnas.

INDOSPORT.COM – Federasi sepak bola (FA) Jerman akhirnya mengakui kesalahan mereka terhadap Mesut Ozil yang berujung keputusan pensiun sang pemain dari tugas membela timnas.

Diketahui, Mesut Ozil pernah menjadi korban kekejaman FA Jerman. Hal ini berawal dari foto kontroversial Ozil dengan presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menjelang Piala Dunia 2018.

Saat foto itu diambil, playmaker Arsenal ini sedang fokus mempersipakan diri membela Timnas Jerman untuk Piala Dunia Rusia, sehingga tersebarnya foto itu memicu kontroversi dan ketegangan antara Ozil dengan FA Jerman.

Puncaknya, Ozil jadi kambing hitam FA Jerman yang tidak terima Der Panzer tersingkir dari babak penyisihan grup. Ozil yang kesal memutuskan pensiun dan mengecam rasisme dan rasa tidak hormat yang dia terima.

Dua tahun berlalu sejak kejadian itu, FA Jerman melalui Sekretaris Jendral Friedrich Curtis, mengakui bahwa mereka sudah gegabah menangani masalah itu hingga melalaikan peluang bertemu dengan Ozil untuk membahas situasi tersebut.

“DFB membuat kesalahan dalam menangani peristiwa seputar kasus (Mesut) Ozil,” kata Curtis  pada pertemuan para cendekiawan muda di Jerman Foundation Integration, seperti dilansir dari Daily Mail

“Sebuah foto menjadi sumbu pembakar untuk berbagai masalah. Saat ada tuduhan rasis, kami melewatkan waktu untuk bertemu dengan pemain tersebut,” lanjutnya.

Rasa penyesalan atas keputusan Ozil untuk pensiun dari timnas sendiri pernah disampaikan oleh salah satu petinggi di FA Jerman, Oliver Bierhoff, pada 2019 silam.

"Masalah ini menjadi runyam dan saya sangat menyesal. Ada banyak sekali kesalahan, bahkan dari saya juga," kata Bierhoff dikutip dari laman berita olahraga Sportskeeda.

"Hingga saat ini belum ada orang yang bisa menawarkan solusi untuk menyelesaikan masalah yang diderita oleh Ozil ini. Dan tentu saja kami ingin Ozil pergi dengan cara yang baik, bukan seperti ini. Kelakuan kami ini hanya memberi citra buruk untuk timnas Jerman." tutur mantan pemain AC Milan tersebut.

Mesut Ozil sendiri sebenarnya menjadi salah satu pemain bintang di Timnas Jerman sejak ia memulai debut pada 2009. Terbukti ia menjadi Pemain Terbaik Tim Nasional Jerman 5 kali pada 2011, 2012, 2013, 2015, dan 2016.

Pemain sepak bola berusia 31 tahun tersebut telah mencetak 23 gol dalam 92 laga hingga tahun 2018. Mantan pemain Werder Bremen itu juga berhasil membawa Timnas Jerman menjadi juara di Piala Dunia 2014.