Liga Spanyol

Barcelona Menang Tanpa Lionel Messi, Koeman Pakai Taktik Scaloni

Selasa, 29 September 2020 14:00 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Arum Kusuma Dewi
© FC Barcelona
Barcelona bisa menang pertandingan LaLiga Spanyol tanpa Lionel Messi, Ronald Koeman gunakan taktik Lionel Scaloni. Copyright: © FC Barcelona
Barcelona bisa menang pertandingan LaLiga Spanyol tanpa Lionel Messi, Ronald Koeman gunakan taktik Lionel Scaloni.

INDOSPORT.COM - Menang di debut perdana LaLiga Spanyol kontra Villarreal membuat debut pelatih Barcelona, Ronald Koeman cukup gemilang. Tanpa ketergantungan Lionel Messi, ia terlihat condong gunakan taktik Lionel Scaloni.

Berlangsung di kandang sendiri, Camp Nou, Koeman melakukan transformasi strategi lewat formasi 4-2-3-1 yang berujung kemenangan 4-0 atas Villarreal. La Pulga menjadi ujung tombak sementara pada dua bagian sayap ada Antoine Griezmann dan Ansu Fati.

Sang kapten Barcelona terlihat tidak terlalu memerankan posisi sebagai playmaker seperti biasanya dan lebih condong merasakan posisi gantikan Luis Suarez yang pergi ke Atletico Madrid. Sosoknya pun digantikan oleh Philippe Coutinho yang menjadi narahubung serangan.

Ya, Coutinho menjadi juru kunci kegemilangan Blaugrana yang baru usai memberikan assist kepada Ansu Fati di gol kedua. Sementara itu Messi tidak punya kontribusi dalam dua gol terakhir yang dicetak jebolan La Masia dan baru bisa mencetak angka lewat penalti.

Melansir laman berita Marca, inti dari strategi eks juru taktik Timnas Belanda ini ialah tidak terpaku dengan peran serta pemain asal Argentina itu. Hal ini nampak serupa dengan apa yang biasanya dilakukan oleh pelatih La Albiceleste, Scaloni.

Ketika melakoni laga internasional, Scaloni enggan membebankan tugas berat kepada Messi untuk mengatur seluruh jajaran pemain Timnas Argentina. Taktik inilah yang diikuti oleh Koeman dengan maksud memberikan tugas finishing kepada pemain ikonik Barcelona itu.

Meskipun terbukti ampuh, taktik ini tidak bisa menjadi pilihan utama Azulgrana karena tergantung dengan pola pertahanan klub oposisi. Selain itu keputusan pelatih asal Belanda itu sendiri nampak juga tidak lepas sebagai syarat jika ditinggal sang megabintang.

Seperti diketahui sebelumnya, Messi sempat ingin angkat kaki dari El Barca setelah hasil mengecewakan musim lalu. Tak heran ada indikasi jika taktik baru ini sebagai syarat jika klub tak lagi memiliki sosok pemain andalannya lagi.

Berkat strategi Lionel Scaloni, Ronald Koeman akhirnya bisa mendulang sukses di debut perdananya melatih Barcelona. Ia pun berhasil membuat Lionel Messi cs merangsek ke posisi 10 klasemen LaLiga Spanyol sementara.   

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
67%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%