Liga Inggris

Mengenang Momen Pertama Klopp ke Liverpool dan Pijak Anfield

Rabu, 30 September 2020 14:32 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Kedatangan Jurgen Klopp dari Bourssia Dortmund benar-benar membuat perubahan drastis di kubu raksasa Liga Inggris, Liverpool. Copyright: © INDOSPORT
Kedatangan Jurgen Klopp dari Bourssia Dortmund benar-benar membuat perubahan drastis di kubu raksasa Liga Inggris, Liverpool.

INDOSPORT.COM - Kedatangan Jurgen Klopp dari Bourssia Dortmund benar-benar membuat perubahan drastis di kubu raksasa Liga Inggris, Liverpool.

Setelah hampir dua dekade lebih menahan sakit, Liverpool akhirnya kembali membuktikan dirinya sebagai salah satu klub terkuat di Liga Inggris.

Ya, di musim 2019/20 lalu, klub berjuluk The Reds itu akhirnya berhasil meraih gelar juara Liga Inggris setelah terakhir kali merasakannya pada 1989/90 silam.

Diprakarsai oleh Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino, dan pemain-pemain lainnya, Liverpool berhasil finish di puncak klasemen dengan torehan 99 poin.

Kegemilangan itu pun melengkapi catatan manis mereka di musim 2018/19 yang berhasil membawa pulang trofi Liga Champions usai menundukkan Tottenham Hotspur.

Terlepas dari kualitas pemain-pemain bintang yang dimiliki, catatan manis Liverpool itu mungkin tidak akan terjadi bila tidak ada sosok sang pelatih, Jurgen Klopp.

Berkat tangan dingin dan strategi gegenpresingnya, Liverpool kini menjelma menjadi tim yang nyaris semua hampir di semua lini, mulai dari belakang hingga sektor penyerangan.

Rentetan hasil bagus yang diraih Liverpool bersama Klopp mungkin tidak ada yang mengira akan terjadi saat pelatih asal Jerman itu datang.

Ya, pada Oktober 2020 lalu, Klopp dalam konfrensi pers pertamanya semenjak resmi diumumkan sebagai pelatih Liverpool mengatakan dirinya menargetkan setidaknya satu gelar juara.

"Ketika datang dan duduk di sini, saya membayangkan dalam empat tahun ke depan, kita setidaknya memenangkan satu gelar juara. Bila tidak, mungkin saya bakal hijrah ke Swiss," ujar Klopp.

Meskipun tak muluk-muluk hanya ingin meraih gelar juara, nyatanya Liverpool kini di tangan Klopp berpeluang untuk mendulang banyak trofi.

Tercatat sejak menjadi pelatih Liverpool pada 2015 lalu, mantan pemain Mainz 05 itu berhasil meraih 4 trofi, yakni juara Liga Inggris 2019/20, Liga Champions 2018/19, UEFA Super Cup 2019, dan Piala Dunia Antar Klub 2019.