Liga Indonesia

Saran Pelatih Bali United Soal Kelanjutan Liga 1 2020

Rabu, 30 September 2020 14:48 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, punya keyakinan Liga 1 2020 tetap bisa berjalan, di tengah upaya pemerintah memutus persebaran virus corona. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, punya keyakinan Liga 1 2020 tetap bisa berjalan, di tengah upaya pemerintah memutus persebaran virus corona.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, punya keyakinan Liga 1 2020 tetap bisa berjalan, di tengah upaya pemerintah memutus persebaran virus corona.

Menurut Teco, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) hanya perlu menegaskan penerapan protokol kesehatan kepada seluruh elemen klub saat pertandigan Liga 1.

Teco merupakan salah satu pelatih yang sudah menjelajah ke berbagai negara. Mulai dari Benua Asia, Amerika, Eropa serta menemani sang ayah, (Alm) Gildo Rodrigues melatih di Afrika.

Beberapa teman yang dikenalnya masih menjalin kontrak secara berkala. Baik rekannya yang ada di Thailand, Malaysia, Italia hingga Jerman. Negara-negara itu bisa menjalankan kompetisi, di tengah upaya negaranya memutus persebaran virus corona.

Teco pun punya keyakinan bahwa hal sama bisa diterapkan di Indonesia. Apalagi saat ini sosialisasi tentang protokol kesehatan terus digalakkan.

"Kita bisa main dengan protokol kesehatan yang bagus. Semua tim perlu mengikuti protokol itu. Ketika ada pemain yang positif, tidak boleh main. Pelatih atau ofisial positif, tidak boleh kerja sampai hasil Swab Test negatif," ucap Teco.

Kompetisi Liga 1 2020 sudah berhenti enam bulan lebih. Teco menilai hal ini tak bagus buat sepak bola Indonesia. Ketika pemain berhenti lama, kualitas mereka bisa menurun.

Teco pun turut mengajak suporter ini mensukseskan protokol kesehatan ini. Ketika status pertandingan tak boleh dihadiri suporter, mereka tak perlu datang ke stadion.

"Suporter harus tahu agar mereka tidak usah datang ke stadion buat kumpul di stadion. Cuma ini yang harus kita lakukan agar bisa memutus persebaran virus corona di Indonesia," tuturnya.

Bali United akan memulai persiapan lagi menatap persiapan Liga 1 2020. Latihan akan digelar di Lapangan Trisakti, Legian, Badung.