Liga Indonesia

Dampak Mundurnya Liga 1 2020, Persib Ambil Kebijakan Ini untuk Pemain

Kamis, 1 Oktober 2020 17:50 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Media Officer Persib
Pemain Persib Bandung berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (14/08/20). Copyright: © Media Officer Persib
Pemain Persib Bandung berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (14/08/20).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, meliburkan aktivitas latihan timnya selama sepekan, setelah ada keputusan kick off Liga 1 2020 ditunda satu bulan kedepan, dari Oktober ke November 2020. 

Selama aktivitas tim diliburkan, mantan pelatih PSM Makassar ini tetap memberikan tugas kepada pemainnya untuk berlatih mandiri, agar kondisi kebugaran tetap terjaga. Namun, pemain diberi keleluasaan untuk menentukan waktu untuk latihan. 

Selain itu, pelatih asal Belanda ini menuturkan, akan mempersiapkan program baru bagi pasukannya. Pasalnya, sebelumnya skuat Maung Bandung menggelar latihan untuk pertandingan awal lanjutan Liga 1 2020 menghadapi PSM Makassar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (04/10/20). 

Sebagai informasi, PSSI secara resmi memutuskan untuk menunda kick off lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020, setelah melakukan koordinasi dengan Kemenpora dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Selasa (29/09/20). 

PSSI mengambil keputusan tersebut, dua hari menjelang kick off yang sebelumnya akan digelar 1 Oktober 2020. Keputusan diambil, setelah pihak Kepolisan tidak memberikan izin keramaian, dengan pertimbangan situasi pandemi Covid-19 yang terus meningkat. 

"Kami harus mengatur ulang pola pikir kami, kami mengambil waktu libur beberapa hari jadi semuanya bisa tenang. Tapi selama jeda ini, pemain tetap mendapat program sendiri jadi kami tetap bugar dan pemain ketika kembali berlatih berat badannya tidak naik," kata Robert Alberts.

"Pemain harus serius menjalankan program mandiri tapi mereka bisa melakukannya kapanpun, mereka diberi kebebasan. Jadi mereka bisa rileks menjalankan itu bersama keluarga," jelasnya menambahkan.

Robert Alberts berharap, dengan diberikan jatah libur motivasi bermain skuat Maung Bandung tetap terjaga. Sehingga, saat tim kembali berlatih Supardi Nasir dan kawan-kawan bisa menjalankan program yang diberikan olehnya dengan maksimal. 

"Dan kami akan kembali (berkumpul) pekan depan, jadi semuanya termotivasi lagi untuk melihat ke depan soal kemungkinan liga bergulir November," jelas Robert Alberts. 

Sementara itu, Robert Alberts dan kapten tim Persib, Supardi Nasir, merasa optimis kompetisi bakal kembali bergulir. Meski begitu, mereka tidak mengetahui tanggal pasti lanjutan Liga 1 2020, lantaran hal itu merupakan wewenang PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI.