Liga Champions

Liga Champions Akan Dimulai, UEFA Kenalkan Peraturan Baru

Kamis, 1 Oktober 2020 21:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Logo Liga Champions. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Asosiasi Sepak Bola  Eropa (UEFA) telah menetapkan sejumlah aturan baru untuk ajang Liga Champions dan Liga Europa musim 2020-2021.

Turnamen sepak bola bergengsi Eropa, Liga Champions dan Liga Europa 2020-2021 dijadwalkan akan mulai bergulir pada  21 Oktober 2020.

Sebelumnya, setiap klub kontestan akan melalui tahapan undian untuk mengetahui di grup mana mereka akan mengawali kompetisi di babak penyisihan.

Total 32 tim siap bersaing di babak grup. UEFA telah membagi kontestan ke dalam empat pot. Masing-masing pot berisikan delapan tim.

Dilansir dari AS.com, pihak UefA pun memperkenalkan sejumlah elemen baru yang telah disesuaikan mengingat turnamen ini diselenggarakan di tengah pandemi virus corona yang belum mereda.

Untuk musim 2020-2021, UEFA bakal menerapkan lima pemain pengganti per aturan pertandingan. Aturan ini tujuannya untuk memperbanyak rotasi pemain sehingga para pemain tidak mudah kelelahan yang nantinya berdampak pada kebugaran.

Selain itu, aturan ini dipakai untuk membantu para pemain agar tidak mudah lelah dengan padatnya jadwal setelah hampir enam bulan lamanya tidak tampil di kompetisi.

Dengan adanya penambahan jumlah pemain pengganti ini, setiap klub yang akan bertanding boleh mendaftarkan 23 pemain untuk skuatnya di hari pertandingan.

Aturan ini juga diperpanjang hingga babak playoff Kualifikasi Euro 2021, kualifikasi Euro Wanita, fase grup UEFA Nations League, dan Liga Champions Wanita selama sisa musim ini.

Aturan lain yang ditambahkan difase grup kompetisi Liga Champions dan Liga Europa adalah stadion tertutup alias pertandingan dilangsungkan tanpa penonton.

UEFA sejatinya berharap pada tahap kedua turnamen bisa diselenggarakan dengan mendatangkan 25 persen penonton. Aturan ini pernah diujicobakan di final Piala Super EUFA baru-baru ini dan berhasil.

Akan tetapi rencana mendatangkan penonton harus ditunda karena lonjakan kasus virus corona di banyak negara Eropa yang mengharuskan pertandingan UEFA dimainkan secara tertutup hingga kuartal pertama 2021.

Pelaksanakan drawing grup untuk Liga Champions dan Liga Europa 2020-2021 akan berlangsung di Jenewa, Swiss, Kamis (01/10/20) pukul 22.00 WIB.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%