Liga Inggris

3 Alasan Bielsa Bisa Bawa Leeds United Kejutkan Manchester City

Sabtu, 3 Oktober 2020 10:20 WIB
Editor: Coro Mountana
© Alex Dodd - CameraSport/Getty Images
Marcelo Bielsa, Pelatih Leeds United Copyright: © Alex Dodd - CameraSport/Getty Images
Marcelo Bielsa, Pelatih Leeds United

INDOSPORT.COM - Berikut adalah 3 alasan kuat mengapa pelatih Marcelo Bielsa bisa membawa Leeds United kejutkan Manchester City malam nanti. 

Bertanding di Elland Road, Leeds United bakal kedatangan tamu agung yaitu Manchester City. Meski Manchester City bakal lebih diunggulkan dalam laga malam nanti. 

Akan tetapi Leeds United tak bisa diremehkan begitu saja. Mengingat musim ini, mereka tampil begitu impresif dengan meraih dua kemenangan dan nyaris imbangin Liverpool. 

Menariknya saat nyaris tahan Liverpool, Leeds United mencatatkan rekor sebagai tim yang sanggup mencetak 3 gol di Anfield. Suatu rekor yang bahkan tak bisa dilakukan oleh Pep Guardiola. 

Bicara soal Guardiola, ia bahkan sampai menyebut Bielsa sebagai gurunya dalam ilmu kepelatihan. Itu artinya, dari segi ilmu, Bielsa boleh dikatakan berada di atas Guardiola yang mana itu akan sangat menguntungkan bagi Leeds United. 

Kualitas pemain boleh kalah dari Manchester City, tetapi Leeds United punya pelatih Marcelo Bielsa yang merupakan guru Pep Guardiola. Tak sekadar menjadi guru saja, Bielsa juga punya cara yang dapat menjadi alasan mengapa Leeds United bisa mengejutkan Manchester City. 

Leeds United Tahu Kelemahan Manchester City 

Pertama mulai dari Bielsa yang dengan pengalamannya pasti sudah tahu kelemahan Manchester City asuhan Pep Guardiola. Mungkin jika secara mendetil, hanya staff kepelatihan Leeds United dan pemain saja yang tahu, tapi kita bisa menebaknya. 

Satu hal yang pasti, Manchester City punya kelemahan yang sama dengan Liverpool yaitu garis pertahanan terlalu tinggi. Saat melawan Liverpool, Bielsa memanfaatkannya dengan bermain sangat direct mengincar counter attack kilat. 

Hasilnya, Liverpool pun di babak pertama harus kebobolan 2 gol berkat kejelian Bielsa yang mengetahui kelemahan lawan. Kebetulan kelemahan Liverpool dan Manchester City mirip jadi bukan tidak mungkin cara yang sama bakal diterapkan Bielsa. 

Terlebih salah satu kuartet pertahanan Manchester City yang diisi oleh Benjamin Mendy pasti akan disadari Bielsa sebagai kelemahan. Jangan heran jika nanti Helder Costa akan terus menyerang ke sisi pertahanan Manchester City yang dikawal Mendy.