In-depth

Kisah Marcelo Bielsa, Temukan Pochettino dengan Cara di Luar Nalar

Sabtu, 18 Juli 2020 20:14 WIB
Editor: Coro Mountana
© Alex Dodd - CameraSport/Getty Images
Kisah Marcelo Bielsa, Temukan Pochettino dengan Cara di Luar Nalar Copyright: © Alex Dodd - CameraSport/Getty Images
Kisah Marcelo Bielsa, Temukan Pochettino dengan Cara di Luar Nalar

INDOSPORT.COM – Akhirnya, Marcelo Bielsa berhasil mengantarkan Leeds United promosi ke Liga Inggris dengan cara yang gila, sama seperti ketika ia menemukan Mauricio Pochettino berkat kejadian di luar nalar.

Leeds United akhirnya berhasil memastikan diri promosi ke Liga Inggris setelah perolehan poinnya tak lagi bisa dikejar oleh para pesaingnya. Kepastian itu didapatkan setelah West Brom kalah 1-2 dari Huddesfield.

Keberhasilan Leeds United pun tak lepas dari andil sang pelatih, Marcelo Bielsa yang akhirnya berhasil berprestasi juga di kasta kedua Liga Inggris. Cara yang ditempuh oleh Marcelo Bielsa sendiri untuk membawa Leeds United pun terbilang gila.

Taktik pressing ketat yang begitu intensif menjadi senjata utama Bielsa di Leeds United. Padahal dengan taktik yang mirip dengan Jurgen Klopp di Liverpool itu, dibutuhkan kualitas pemain mumpuni juga, jika tidak, maka peforma tim akan kedodoran.

Namun Bielsa berhasil pelan-pelan menyulap pemainnya yang kualitasnya pas-pasan untuk bermain dengan skema gila yang ia rancang. Tak hanya itu, musim lalu pun Bielsa bisa dikatakan membuang kesempatan Leeds United untuk promosi setelah ia melakukan tindakan fair play.

Hanya orang gila saja yang membuang kesempatan promosi ke Liga Inggris hanya demi menjunjung tinggi nilai sportivitas. Meski begitu, tindakan terpuji yang dilakukan Bielsa tetap mendapatkan acungan jempol meski Leeds United gagal promosi musim lalu.

Namun dengan mental dan fisik pemain yang lebih matang, Bielsa akhirnya berhasil membawa Leeds United dengan cara yang gila. Bicara soal gila, Marcelo Bielsa memang sudah lama dikenal sebagai pelatih dengan tingkat imajinasi dan inovasi tinggi.

Banyak sekali pelatih sukses saat ini, merupakan murid dari Bielsa, seperti Pep Guardiola dan Mauricio Pochettino. Untuk nama yang terakhir, kisah pertemuannya dengan Marcelo Bielsa pun terbilang unik dan di luar nalar, seperti apa?