Liga Inggris

Hasil Pertandingan Liga Inggris Leeds United vs Man City: Murid dan Guru Berbagi Poin

Minggu, 4 Oktober 2020 01:23 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Catherine Ivill/Getty Images
Selebrasi Rodrigo Moreno usai mencetak gol di laga Leeds United vs Manchester City Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Selebrasi Rodrigo Moreno usai mencetak gol di laga Leeds United vs Manchester City

INDOSPORT.COM – Berikut hasil dan jalannya pertandingan Liga Inggris 2020/21 antara Leeds United vs Manchester City di Elland Road Stadium, Sabtu (03/10/20) WIB.

Babak Pertama

Sebelum dimulainya pertandingan, banyak pihak yang meyakini bahwa permainan akan berlangsung dengan tempo cepat. Usai peluit dibunyikan, dugaan tersebut benar-benar terbukti.

Bahkan Manchester City hampir membuka keunggulan lewat tendangan bebas Kevin De Bruyne yang hanya membentur tiang gawang di menit ke-3. Selepas peluang tersebut, agresivitas The Citizens kian meningkat.

Beberapa kali pertahanan Leeds United dibuat kesulitan oleh barisan penyerang Man City baik lewat set pieces maupun open play. Praktis di 10 menit pertama, tuan rumah harus banyak terkurung di areanya sendiri.

Peluang tuan rumah pun baru didapatkan pada menit ke-14. Namun tandukan Ezgjan Alioski hanya melambung tinggi di atas gawang Ederson.

Pada menit ke-15, terjadi kemelut di depan gawang Leeds. Pergerakan Raheem Sterling di kotak 16 mampu menciptakan peluang emas. Sayang Ferran Torres gagal mengeksekusi peluang tersebut karena tendangannya diblok oleh bek lawan.

Tak butuh waktu lama, serangan bertubi-tubi Man City membuahkan. Berawal dari pergerakan Sterling di sisi kanan Leeds, pria berpaspor Inggris ini berhasil melepaskan tembakan keras ke sudut gawang di menit ke-17. Skor menjadi 1-0 untuk The Citizens.

Memasuki menit ke-25, beberapa kali peluang dibuat oleh Man City. Praktis Leeds hanya mengandalkan serangan balik saja dalam laga ini untuk menciptakan peluang.

Di menit ke-30, tempo permainan sedikit menurun. Man City mulai mengendurkan serangan yang membuat lini tengah Leeds secara perlahan mulai mampu membangun permainan.

Meski begitu, Man City tetap mampu memberi serangan dan membuat kiper Leeds jatuh bangun. Hal ini terlihat dari peluang Phil Foden yang di mana tendangannya sedikit menyamping dari gawang pada menit ke-38.

Namun hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, tak ada gol yang tercipta dari kedua tim. Skor 1-0  untuk Manchester City bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Sejak awal babak kedua, permainan cenderung lambat. Baik dari Leeds United dan Manchester City sama-sama mengandalkan beberapa serangan balik dari kedua sisi sayap.

Memasuki menit ke-60, Leeds pun berhasil mencetak gol. Memanfaatkan sepak pojok hasil sepakannya yang membentur mistar gawang dan menghasilkan sepak pojok, Rodrgio Moreno mampu mencetak gol memanfaatkan kemelut di depan gawang. Skor berubah menjadi 1-1.

Pasca berhasil mencetak gol, permainan Leeds kian lebih menyerang. Berkali-kali peluang berhasil diciptakan tuan rumah lewat Rodrigo dan Bamford.

Malah keadaan berbalik sulit bagi Man City. Kedigdayaan dan keleluasaan di babak pertama tak didapatkan di babak kedua sehingga barisan penyerang The Citizens lebih banyak melepaskan tembakan dari luar kotak penalti memasuki menit ke-70.

Leeds yang bermain lebih nyaman di babak kedua hampir saja kembali mencetak gol andai tandukan Liam Cooper dan tandukan Rodrigo tidak membentur tiang dan mistar gawang di menit ke-69 dan 70.

Pada menit ke-72, giliran Man City yang punya peluang emas untuk mencetak gol. Namun akselerasi Sterling yang tinggal berhadapan dengan kiper gagal dituntaskan dan berhasil diselamatkan Illan Meslier.

Memasuki menit ke-80, intensitas permainan antara kedua tim kian meningkat. Leeds yang bermain dengan nyaman di paruh kedua, sedikit menurunkan tensi sehingga memberi ruang untuk para penyerang Man City.

Di menit ke-85, Sterling hampir kembali mencatatkan namanya di papan skor melalui skema yang sama dengan golnya di babak pertama. Sayang sepakannya melambung jauh di atas Meslier.

Seusainya, serangan bertubi-tubi Man City tak mampu membuahkan hasil. Pun dengan serangan Leeds yang tidak terlalu membahayakan gawang Ederson.

Alhasil skor 1-1 mengakhiri pertandingan Leeds United vs Manchester City di pekan keempat Liga Inggris 2020/21.

Susunan Pemain:

Leeds United (4-1-4-1): Meslier; Ayling, Koch, Cooper, Dallas; Kalvin Phillips; Helder Costa, Roberts, Klich, Alioski; Bamford

Man City (4-3-3): Ederson; Walker, Dias, Laporte, Mendy; De Bruyne, Rodri, Foden; Mahrez, Ferran Torres, Raheem Sterling