Liga Inggris

Sky Sports Langsung Minta Maaf Atas Pernyataan Rasis Legenda Liverpool ke Erik Lamela

Senin, 5 Oktober 2020 15:32 WIB
Editor: Isman Fadil
© Carl Recine - Pool/Getty Images
Wasit Anthony Taylor menunjukkan kartu merah kepada Anthony Martial setelah melakukan pelanggaran terhadap Erik Lamela pada laga Liga Inggris antara Manchester United vs Tottenham Hotspur, Minggu (04/10/20). Copyright: © Carl Recine - Pool/Getty Images
Wasit Anthony Taylor menunjukkan kartu merah kepada Anthony Martial setelah melakukan pelanggaran terhadap Erik Lamela pada laga Liga Inggris antara Manchester United vs Tottenham Hotspur, Minggu (04/10/20).

INDOSPORT.COM - Media Inggris, Sky Sports, menyampaikan permintaan maaf atas komentar rasial dari legenda Liverpool, Graeme Souness kepada winger Tottenham Hotspur, Erik Lamela.

Erik Lamela memang tidak mencetak gol dalam laga Liga Inggris Manchester United vs Tottenham Hotspur. Namun aksi kontroversialnya sukses membuatnya jadi salah satu pahlawan kemenangan Spurs 6-1 di Old Trafford, Minggu (05/10/20).

Tepatnya pada menit ke-28, di mana Lamela ribut dengan penyerang Manchester United, Anthony Martial. Martial harus diusir dari lapangan karena dianggap memukul Lamela. Padahal sebelumnya eks pemain AS Roma itu lebih dulu menyikut Martial dalam persiapan bertahan dari sepak pojok Tottenham.

Souness yang bertugas sebagai pandit Sky Sports mengkritik aksi 'kotor' Lamela. Tapi sayangnya pria berusia 67 tahun asal Skotlandia itu melontarkan kalimat bernada rasis ke pemain asal Argentina tersebut.

"Menyedihkan. Sangat Latin. Jika Martial keluar, keduanya juga harus meninggalkan lapangan. Apakah ini yang dimaksud dengan permainan Inggris?" kata Souness pasca pertandingan MU vs Tottenham seperti dilansir dari Goal internasional.

"Kami, orang Inggris, melakukannya secara berbeda. Saya pernah bermain dan bekerja di negara - negara Latin. Saya tahu bagaimana mereka memandang permainan itu," tandas pria yang membela Liverpool periode 1978-1984 tersebut.

Tidak lama setelah komentar Souness, presenter Sky Sports Dave Jones menimpali dengan menyampaikan permintaan maaf demi menghindari konflik yang berkepanjangan.
 
"Sekarang saya harus mengatakan sebelum kami pergi, di awal pertunjukan kami mengkritik peran Erik Lamela dalam pengusiran Anthony Martial pada pertandingan Manchester United vs Spurs," kata Jones.

"Kami ingin meminta maaf atas kesalahan yang terjadi dan stereotip budaya Latin." sambungnya.

Sejak diusirnya Martial karena 'duel' kecilnya dengan Erik Lamela, Manchester United langsung tidak berdaya saat menjamu Tottenham dalam lanjutan Liga Inggris. Harry Kane membuat dua gol, lalu Son Heung-min mencetak gol kedua, dan Serge Aurier ikut mencatatkan nama di papan skor.