Bola Internasional

Terjadi Polemik, Vietnam Pilih Kirim Skuat U-21 ke Eropa Ketimbang U-19

Senin, 5 Oktober 2020 23:34 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© The Thao Van Hoa
Terjadi polemik dikubu timnas Vietnam karena lebih memilih mengirim skuat U-21 ke Eropa ketimbang U-19. Copyright: © The Thao Van Hoa
Terjadi polemik dikubu timnas Vietnam karena lebih memilih mengirim skuat U-21 ke Eropa ketimbang U-19.

INDOSPORT.COM - Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) baru saja mendapatkan undangan untuk mengirimkan pasukan muda ke turnamen Toulon di Prancis.

Dilansir dari Zingnews.vn, VFF pun berencana mengirimkan timnas Vietnam U-19 di bawah asuhan pelatih Troussier ke Prancis. Tetapi ternyata skuat U-21 di bawah komando Park Hang-seo yang akan dikirim.

Lantas hal tersebut sempat menjadi polemik lantaran timnas Vietnam U-19 butuh jam terbang sebelum mengikuti ajang Piala Asia U-19 serta Kualifikasi Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Apalagi turnamen Toulon akan diikuti tuan rumah Prancis beserta Jepang, Australia, Meksiko, Republik Kongo, Pantai Gading, Maroko, Inggris dan Rumania yang bakal mengandalkan pasukan U-19.

VFF pun menjelaskan kalau ternyata ada sejumlah kendala mengapa batal mengirim timnas U-19. Mereka kemudia nmemilih timnas Vietnam U-21 karena Park Hang-seo ingin anak asuhnya kembali meraih medali emas di ajang SEA Games 2021 mendatang.

"Karena berbagai alasan, Vietnam U-19 tidak hadir, melainkan Vietnam U-21. Pengiriman tim Vietnam U-21 ke Prancis untuk pertandingan persahabatan untuk persiapan kualifikasi Asia U23 dan SEA Games tahun depan," tulis Zingnews.

Setelah AFC menunda turnamen Piala Asia U-19 pada November 2020 mendatang, timnas Vietnam U-19 yang sebelumnya menjalani pemusatan latihan kemudian dibubarkan.

Berbeda dengan timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong yang justru terus menjalani pemusatan latihan di Kroasia.

Timnas Indonesia U-19 juga sudah melakoni tujuh pertandingan persabahabatan melawan tim kuat Asia dan Eropa. Kini mereka sedang fokus untuk melahap menu latihan untuk memperkuat otot agar bisa menang saat duel melawan pemain yang berpostur besar.