In-depth

3 Dampak Nyata untuk Timnas dan Persija jika Marc Klok Resmi Jadi WNI

Rabu, 7 Oktober 2020 08:21 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia dan Persija Jakarta bisa untung besar dengan kabar resminya Marc Klok menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia dan Persija Jakarta bisa untung besar dengan kabar resminya Marc Klok menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia dan Persija Jakarta bisa untung besar dengan kabar Marc Klok yang sebentar lagi resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Marc Klok dikabarkan sedikit lagi resmi menjadi pemain naturalisasi pada Senin (5/10/2020) setelah berjuang mengajukan proses sejak tahun lalu atau saat masih berseragam PSM Makassar.

Perjuangan selama satu tahun itu akhirnya membuahkan hasil karena adanya dukungan dari banyak pihak termasuk klub barunya Persija Jakarta.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule juga mengungkapkan rasa gembiranya melihat pemain berdarah Belanda itu kini nyaris sah menjadi WNI.

"Tentu ini hal yang positif bagi PSSI karena Klok bisa saja dipanggil memperkuat timnas Indonesia," kata Iwan Bule di laman resmi PSSI.

Jika Marc Klok sudah resmi menjadi WNI, tentu akan membuat keuntungan besar bagi timnas Indonesia dan Persija Jakarta.

Berikut INDOSPORT telah merangkum 3 dampak nyata untuk timnas dan Persija setelah Marc Klok resmi jadi WNI:

1. Lini Tengah Timnas Indonesia Makin Solid

Skuat Persija Jakarta musim 2020 ini dihuni oleh banyak pemain langganan timnas Indonesia sebut saja Andritany Ardhiyasa, Rezaldi Hehanussa, Otavio Dutra, Evan Dimas, hingga Osvaldo Haay.

Dengan resminya Marc Klok menjadi pemain naturalisasi, tentu timnas Indonesia akan semakin kompak karena mereka sudah terbiasa bermain bersama di Persija Jakarta.

Pemain berdarah Belanda itu bisa dipanggil Shin Tae-yong untuk ikut membantu dalam menyelesaikan tiga laga sisa Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Tak hanya itu, timnas Indonesia juga akan menghadapi ajang sepak bola paling bergengsi terbesar se Asia Tenggara yaitu Piala AFF 2021 mendatang.