In-depth

3 Pelatih yang Sukses Bawa Persita Naik Kasta 2 Dekade Terakhir

Rabu, 7 Oktober 2020 05:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Persita Tangerang
Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, ada tiga sosok penting yang berhasil membawa Persita Tangerang mampu menjajal kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Copyright: © Persita Tangerang
Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, ada tiga sosok penting yang berhasil membawa Persita Tangerang mampu menjajal kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

INDOSPORT.COM - Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, ada tiga sosok penting yang berhasil membawa Persita Tangerang mampu menjajal kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Berkat tangan dingin Widodo Cahyono Putro, Persita Tangerang akhirnya bisa merasakan bermain dikasta teratas Liga Indonesia, Liga 1 2020.

Tim sepak bola berjuluk Pendekar Cisadane terakhir kali unjuk gigi level teratas pada Indonesia Super League (ISL) 2014.

Akan tetapi, bukan hanya Widodo Cahyono Putro yang telah mengantarkan Persita promosi atau main di kasta teratas sepak bola Indonesia.

Setidaknya, ada dua pelatih lokal dalam dua dekade terakhir yang berjasa membawa tim Kota Tangerang mencicipi ketatnya persaingan dilevel tertinggi.

Berdasarkan catatan Persita, tim menjadi juara Divisi I 1993/1994 dan promosi ke Divisi Utama. Namun, pada musim 1998/1999 tim kembali terdegradasi ke Divisi I.

Selanjutnya, Persita langsung bangkit dan promosi pada ke Divisi Utama musim 2001 (kasta teratas saat itu), usai jadi juara Divisi I 1999/2000. Sayangnya, tim Kota Tangerang kembali degradasi pada musim 2008.

Butuh empat tahun bagi Persita untuk promosi atau kembali ke kasta teratas yakni pada ISL 2012. Namun, lagi-lagi tim kebanggaan Violamania terdegradasi pada musim 2014 dan baru bisa kembali tahun ini.

Lantas, siapa saja pelatih yang mampu membawa Persita bangkit dari keterpurukan dalam dua dekade terakhir? Berikut ulasan redaksi berita olahraga INDOSPORT.

1. Suhartopo

Sosok ini merupakan pelatih yang suskes membawa Persita juara pada Divisi I tahun 2000, sekaligus promosi ke kasta teratas Liga Indonesia saat itu, Divisi Utama. Atas jasanya, ia dinobatkan sebagai salah satu pelatih berprestasi dan berpengaruh dalam perjalan klub.

Saat merengkuh gelar juara Divisi I tahun  2000, Suhartopo menangani sejumlah pemain bintang seperti Agus Suparman, Ilham Jaya Kesuma, hingga Fabio Oliveira. Mereka menaklukan PSS di partai final dengan skor 1-0 lewat gol Edi Jhon.