Liga Indonesia

Era Kepelatihan Shin Tae-yong Bakal Buat Marc Klok Berat Masuk Timnas Indonesia

Rabu, 7 Oktober 2020 06:59 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Naufal/PSSI
Selangkah lagi Marc Klok bakal resmi menjadi pemain naturalisasi dan bisa memperkuat timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Copyright: © Naufal/PSSI
Selangkah lagi Marc Klok bakal resmi menjadi pemain naturalisasi dan bisa memperkuat timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Selangkah lagi Marc Klok bakal resmi menjadi pemain naturalisasi dan bisa memperkuat timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule juga sempat mengungkapkan kegembiraannya bila Marc Klok bisa menjadi WNI dan membuat timnas Indonesia bertambah kuat.

"Tentu ini hal yang positif bagi PSSI karena Klok bisa saja dipanggil memperkuat timnas Indonesia," kata Iwan Bule dilansir dari laman resmi PSSI.

Kemudian gelandang Persija Jakarta itu juga sempat mengungkapkan kalau dirinya sangat berharap bisa membela timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF pada 2021 mendatang.

Di era Simon McMenemy, Marc Klok sebenarnya sudah pernah dipanggil mengikuti pemusatan latihan. Namun karena proses naturalisasi belum selesai, akhirnya ia gagal memenuhi panggilan.

Kini timnas Indonesia sudah berubah karena kedatangan pelatih baru asal Korea Selatan bernama Shin Tae-yong. Sosoknya yang selalu dingin membuat banyak pemain segan bila berpapasan dengannya.

Kini Shin Tae-yong sedang fokus untuk mempersiapkan timnas Indonesia U-19 pemusatan latihan jelang Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021. Bahkan ia tega mencoret beberapa pemain yang dianggap memiliki talenta hebat seperti Sutan Zico.

Tak hanya itu, jelang keberangkatan TC lanjutan ke Kroasia pada akhir Agustus 2020 lalu, Shin Tae-yong dengan tegas mencoret dua pemain karena melanggar aturan.

Tentu hal tersebut akan membuat Marc Klok kesulitan untuk bisa menggoda hati pelatih berusia 51 tahun tersebut. Shin Tae-yong benar-benar tidak memandang latar belakang seorang pemain meski pernah memiliki pengalaman hebat.

Marc Klok sendiri merupakan pemain yang punya segudang pengalaman. Ia pernah berseragam Cherno More Varna selama dua tahun (2014-2016) dan meraih sepasang trofi pertama dalam kariernya yakni Piala Bulgaria dan Piala Super Bulgaria.

Pasca memperkuat sejumlah klub Eropa, Klok memutuskan merumput di Liga Indonesia dan berseragam PSM Makassar pada 2017 lalu. Ia menjelma sosok garang di lini tengah untuk melengkapi kepingan yang selama ini telah hilang.

Di PSM Makassar, Marc Klok sukses mempersembahkan gear juara Piala Indonesia pada 2019 lalu. Dirinya juga nyaris membawa Juku Eja meraih gelar juara Liga 1 pada tahun 2017 dan 2018

Tapi semua itu bukan jaminan Marc Klok bisa memikat hati Shin Tae-yong meski kebanyakan orang termasuk Ketua Umum PSSI memprediksi ia bakal berseragam timnas Indonesia.