Bola Internasional

Shin Tae-yong dan Park Hang-seo Janji Bertemu di Prancis, Ada Apa?

Rabu, 7 Oktober 2020 15:46 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo melakukan sesi uji lapangan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo melakukan sesi uji lapangan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

INDOSPORT.COM – Dua pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong dan Park Hang-seo, dilaporkan bakal bertemu di Prancis untuk mengikuti turnamen Piala Toulon.

Awalnya, Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) berencana mengirimkan Timnas Vietnam U-19 di bawah asuhan pelatih Troussier ke Prancis. Tetapi ternyata skuat U-21 di bawah komando Park Hang-seo yang akan dikirim.

Keputusan mengirim Timnas U-21 ke Prancis ini rupanya karena VFF ingin tim asuhan Park Hang-seo kembali meraih medali emas di ajang SEA Games 2021 mendatang. Hal ini dikonfirmasi oleh asisten pelatih Nguyen The Anh.

“Tim U-22 Vietnam ditunjuk untuk Piala Toulon dan kelompok usia ini bakal mengemban tugas mempertahankan medali emas SEA Games. Pertandingan ke-31 di Vietnam pada tahun 2021,” ujar Nguyen dilansir dari Plo.vn.

Keputusan VFF ini pun membuka peluang pertemuan Park Hang-seo dengan rekan pelatih senegaranya, yakni Shin Tae-yong yang saat ini mengawal Timnas Indonesia U-19 yang menjalani pemusatan latihan di Eropa.

Media Plo.vn juga meyakini bahwa pertemuan kedua pelatih ini bakal sarat janji dan ambisi. Tuan rumah Vietnam ingin melindungi gelar kejuaraan, sementara Indonesia ingin mengubah peta sepak bola Asia Tenggara.

Seperti diketahui, Turnamen Toulon yang digelar November mendatang akan akan diikuti tuan rumah Prancis beserta Jepang, Australia, Meksiko, Republik Kongo, Pantai Gading, Maroko, Inggris, Rumania dan Indonesia yang mengandalkan pasukan U-19.

Timnas Indonesia U-19 sendiri sudah berkali-kali menghadiri Piala Toulon di Prancis. Edisi terakhir turnamen ini juga sempat dikkuti para pemain muda yang sempat mencapai final SEA Games ke-30 dan kalah dari Vietnam di final.

Jadi, bisa dibilang pertemuan Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Vietnam U-21 di turnamen Piala Toulon ini bakal menjadi pertemuan panas antara dua pelatih asal Korea Selatan itu dalam sebuah kompetisi resmi.

Bagi Shin Tae-yong sendiri, Piala Toulon jadi salah satu ajang untuk mengukur kemampuan pasukan Garuda Muda sebelum mereka terung di Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 di mana Indonesia menjadi tuan rumahnya.

Timnas Indonesia U-19 yang berada di bawah asuhan Shin Tae-yong saat ini masih terus menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Mereka juga sudah melakoni tujuh pertandingan persabahabatan melawan tim kuat Asia dan Eropa.