Liga Inggris

Sudah Pecah Kongsi, Eks Asisten Pelatih Liverpool Ungkap Rahasia Klopp

Rabu, 7 Oktober 2020 15:08 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Sudah tak lagi berjalan di gerbong yang sama, eks asisten Liverpool, Zeljko Buvac, beberkan rahasia yang dimiliki oleh Jurgen Klopp. Copyright: © INDOSPORT
Sudah tak lagi berjalan di gerbong yang sama, eks asisten Liverpool, Zeljko Buvac, beberkan rahasia yang dimiliki oleh Jurgen Klopp.

INDOSPORT.COM – Sudah tak lagi berjalan di gerbong yang sama, eks asisten Liverpool, Zeljko Buvac, membeberkan rahasia yang dimiliki oleh Jurgen Klopp.

Duet mesra yang terjalin antara Buvac dan Klopp resmi berakhir usai pria kelahiran Bosnia tersebut memutuskan untuk menerima tawaran sebagai Direktur Olahraga Dynamo Moscow.

Dirinya resmi cabut dari Anfield dan meninggalkan pasangan emasnya itu sendirian di Liverpool pada bulan April tahun 2008 lalu.

Buvac dan Klopp diketahui telah telah bekerja sama selama hampir 20 tahun lamanya dan berhasil mengantarkan prestasi untuk Mainz, Borussia Dortmund, dan Liverpool.

Sekarang setelah tak lagi berada di gerbong yang sama, Buvac berani angkat bicara mengenai fakta yang sesungguhnya terjadi kala dirinya masih menjadi asisten Jurgen Klopp.

Secara mengejutkan, Buvac menyatakan jika dirinya lah otak di balik cetak biru taktik dan skema permainan yang dilakoni oleh Jurgen Klopp selama 17 tahun berkarir bersama.

“Saya merasa saya lah yang menjadi pelatih selama 17 tahun terakhir ini. Saya menjalankan semua fungsi kepelatihan yang ada dan berusaha sekuat mungkin untuk mengantarkan kesuksean bagi tim,” tutur Zeljko Buvac ketika diwawancarai oleh jurnalis Rusia, Nobel Arustamyan.

Dalam wawancara yang telah dihapus dari YouTube tersebut, Buvac juga menyatakan jika Klopp tak ubahnya berperan sebagai juru bicara.

Di mana dirinya mendapatkan semua perhatian termasuk puja-puji yang datang dari media, padahal seluruh fungsi kepelatihan dijalankan oleh dirinya.

Tampaknya hal ini juga yang melatarbelakangi Buvac tidak memberikan ucapan selamat untuk Klopp yang berhasil membawa Liverpool menjadi kampiun Liga Inggris musim 2019/20 kemarin.

Posisi Buvac sebagai asisten pelatih Klopp sendiri diketahui telah digantikan oleh Pep Lijnders, sosok yang dianggap lebih populer di kalangan pemain Liverpool.