In-depth

Nuansa Skandinavia yang Bawa Kejayaan untuk Manchester United

Kamis, 8 Oktober 2020 21:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Michael Steele/EMPICS via Getty Images
Melihat sepak terjang para pemain Skandinavia di klub Liga Inggris, Manchester United. Copyright: © Michael Steele/EMPICS via Getty Images
Melihat sepak terjang para pemain Skandinavia di klub Liga Inggris, Manchester United.

INDOSPORT.COM - Nuansa Skandinavia pernah menghiasi skuat klub Liga Inggris, Manchester United, dan membawa mereka pada kejayaan.

Meski pubik Old Trafford sudah familiar dengan sensasi Prancis, Argentina, dan Portugal, mereka tentu tidak akan melupakan bagaimana para pemain asal Skandinavia turut andil mengisi diari kesuksesan The Red Devils.

Skandinavia sendiri adalah semenanjung yang terletak di bagian paling utara benua Eropa. Negara-negara yang secara geografis masuk ke wilayah ini adalah Norwegia, Denmark, dan Swedia.

Selain dikenal dengan lingkungannya yang ramah dan nyaman, bahkan bisa dibilang sangat layak huni, Skandinavia juga memiliki sejumlah talenta sepak bola yang luar biasa. Kali ini yang akan dibahas adalah para pemain Skandinavia yang pernah membela raksasa Liga Inggris, Manchester United.

Bintang Skandinavia pertama yang datang ke Manchester United adalah Jesper Olsen, yang direkrut dari Ajax pada tahun 1984 silam. Untuk diketahui, pada masa itu pemain asing masih sangat jarang terlihat di kompetisi sepak bola Inggris.

Jesper Olsen, pemain asal Denmark ini adalah anak didik saat era Ron Atkinson. Pemain kelahiran 20 Maret 1961 itu pun mendapat julukan The Untouchable dan The Flea berkat kegesitan dan kelihaiannya menghindari hadangan bek lawan.

Olsen kemudian hengkang dari Manchester United pada tahun 1988 setelah memenangkan satu gelar Piala FA. Setelah kepergiannya, Setan Merah kembali mendatangkan pemain Skandinavia, yakni Peter Schmeichel pada 1991.

Peter Schmeichel

Didatangkan dengan nilai 500 ribu poundsterling pada zamannya, Schmeichel jadi salah satu pemain Skandinavia yang turut mengantarkan Manchester United memenangkan gelar liga domestik pertama setelah 26 tahun.

Ia adalah saksi ketika Setan Merah kembali meraih trofi Liga Inggris pada musim 1992-1993. Sekitar masa-masa ini pula sepak bola Skandinavia mulai disorot publik.

Bukan hanya Manchester United, klub-klub lain sudah mulai melirik talenta Skandinavia untuk direkrut. Hal ini juga membawa berkah bagi sepak bola Denmark yang pada waktu itu cukup tenar berkat kehadirian Schmeichel dan Brian Laudrup.

Perjalanan Peter Schmeichel bersama Manchester United dari tahun ke tahun terus gemilang, termasuk memenangkan trebel pada musim 1998-1999.