Liga Indonesia

Makan Konate Kabarnya Ingin Dinaturalisasi, Ini Kata Aji Santoso

Jumat, 9 Oktober 2020 16:31 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya, Aji Santoso, pun ikut berkomentar mengenai peluang pemainnya, Makan Konate, untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya, Aji Santoso, pun ikut berkomentar mengenai peluang pemainnya, Makan Konate, untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

INDOSPORT.COM - Istilah Naturalisasi kian akrab di kancah sepak bola Indonesia setelah bintang Persija Jakarta, Marc Klok menjadi nama pemain asing paling baru yang resmi dinaturalisasi. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, pun ikut berkomentar mengenai peluang pemainnya, Makan Konate, untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Klok telah resmi menjadi WNI ada Senin (05/10/20) lalu. Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, itu kemudian mengumumkan status barunya melalui instagram.

Usai Marc Klok sah menjadi WNI, ucapan selamat mengalir dari beberapa pemain sepak bola Indonesia. Salah satunya adalah pemain asing Persebaya, Makan Konate yang memberikan selamat.

Berbicara soal Makan Konate, pemain asal Mali ini juga santer diberitakan berminat untuk dinaturalisasi. Bahkan kabar ini sudah mulai terdengar sejak 2019 silam saat ia masih berseragam Arema FC.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, ternyata mendukung keinginan Konate. Hal itu lantaran pemain asal Mali itu sudah sangat lama malang melintang di jagad sepak bola Tanah Air.

“Ya kalau seandainya Konate bisa menjadi WNI ya bagus. Saya yakin Persebaya akan support kalau dia berkeinginan jadi WNI,” katanya pada Jumat (09/10/20).

“Menurut saya (dia), sudah sangat layak apalagi Konate sudah lama di Indonesia bertahun-tahun. Usianya juga produktif, kualitasnya juga sangat membantu untuk timnas menurut saya. Sangat layak sekali untuk naturalisasi,” jelas pelatih 50 tahun itu.

Sebagai informasi, Makan Konate sudah cukup lama menjalani karier sebagai pesepak bola di Indonesia. Sejak 2012, Konate saat itu membela PSPS Pekanbaru lalu berlanjut ke Barito Putera, Persib Bandung. Ia sempat hijrah ke T-Team Malaysia dan kembali ke Indonesia untuk membela Sriwijaya FC, Arema FC, dan kini Persebaya.