Bola Internasional

Berpaling dari Timnas Inggris ke Kongo, Aaron Wan Bissaka Bikin Heboh Netizen

Sabtu, 10 Oktober 2020 22:51 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© manutd.com
Aaron Wan-Bissaka berusaha merebut bola dalam pertandingan Wolverhampton vs Manchester United Copyright: © manutd.com
Aaron Wan-Bissaka berusaha merebut bola dalam pertandingan Wolverhampton vs Manchester United

INDOSPORT.COM –  Bintang Manchester United, Aaron Wan-Bissaka telah membuat heboh netizen setelah mengisyaratkan  dirinya berpaling dari Timmas Inggris ke Republik Kongo.

Hal ini terungkap setelah Aaron Wan-Bissaka mengubah bendera kewarnegaraan dari sebelumnya Inggris menjadi Republik Kongo pada halaman profil Instagram-nya.

Dilansir dari Sun Sport, Wan-Bissaka sendiri merupakan pemain sepak bola internasional yang memenuhi syarat untuk membela kedua negara tersebut lantaran dia belum secara total membela timnas Inggris.

Selain itu, mantan bek Crystal Palace ini juga pernah bermain unntuk kedua tim dilevel junior. Dia bahkan tampil untuk skuat Kongo U-20 saat pertandingan melawan Inggris pada 2015 silam.

© Instagram/a_bissaka
Aaron Wan Bissaka Mengganti Bendera Inggris ke RD Kongo di profil Instagram. Copyright: Instagram/a_bissakaAaron Wan-Bissaka Mengganti Bendera Inggris ke Republik Kongo di profil Instagram.

Selain itu dia juga pernah mewakili Timnas Inggris untuk skuat U-20 dan U-21, negara yang menjadi tempat kelahirannya pada 26 November 1997 silam.

Namun dengan perubahan bendera yang ada di dalam profil Instagram-nya itu, tampaknya bek Setan Merah itu sudah menetapkan timnas mana yang bakal dia bela di  masa depan.

Sontak, perubaan profil Wan-Bissaka ini membuat netizen, yang kebanyakan pendukung Manchester United dan Timnas Inggris menjadi gempar. Sisi positifnya, fans terlihat sangat mendukung keputusan pemuda 22 tahun itu untuk berkomitmen dengan leluhurnya.

Tentunya Wan-Bissaka juga memiliki alasan lain saat dia memutuskan berpaling dari timnas Inggris. Di dalam skuat besutan Gareth Southgate, Wan-Bissaka harus bersaing dengan sejumlah nama untuk menempati bek kanan.

Posisinya kian tergeser di urutan belakang semenjak dirinya tidak tampil untuk kualifikasi Euro 2020 melawan Kosovo dan Bulgaria lantaran absen akibat cedera.

Nama–nama seperti Tren Alexander-Arnold, Reece James, Kyle Walker dan Kieran Trippier semuanya punya kans besar mengisi posisi tersebut di skuat utama.

Sedangkan Wan-Bissaka sendiri masih kalah pengalaman dari semua pemain tersebut, kendati dirinya hengkang dari Man United ke Crystal Palace pada 2019 lalu.

Lain halnya jika dia membela timnas Republik Kongo, maka saingan Wan-Bissaka tidak begitu berat.

Sejauh ini, posisi bek kanan di skuat berjuluk The Leopard ini masih diperebutkan nama-nama seperti Jordan Ikoko, Glody Ngonda dan Djuma Shabani untuk pos bek kanan.

Selain itu, Wan-Bissaka bisa memiliki peran kunci bagi laskar Afrika Tengah itu yang sedang membidik untuk masuk dalam dalam Piala Afrika 2021 dan Piala Dunia pertama sejak 1974.