In-depth

Posisi Bek Kanan Sebagai Cerminan Generasi Emas Jilid 2 Timnas Inggris

Jumat, 9 Oktober 2020 17:48 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© INDOSPORT
Melihat lahirnya 'Generasi Emas' jilid 2 Timnas Inggris dari posisi bek kanan yang bakal bikin Garet Southgate dilema. Copyright: © INDOSPORT
Melihat lahirnya 'Generasi Emas' jilid 2 Timnas Inggris dari posisi bek kanan yang bakal bikin Garet Southgate dilema.

INDOSPORT.COM – Timnas Inggris saat ini memiliki ‘Generasi Emas’ jilid dua di bawah arahan Gareth Southgate. Sematan tersebut pantas diberikan tak hanya dari banyaknya pemain muda potensial yang hadir, namun dari banyaknya bek kanan berkualitas The Three Lions.

Timnas Inggris menjelang akhir tahun 1990 hingga awal 2010 memiliki skuat mumpuni, bertalenta dan memiliki nama besar. Kelak jajaran pemain ini disebut dengan ‘Golden Generation’.

Bayangkan saja, Timnas Inggris memiliki banyak pemain dengan nama-nama mentereng dari lini belakang hingga lini depan seperti John Terry, Rio Ferdinand, Steven Gerrard, Frank Lampard, Wayne Rooney, Michael Owen dan lain-lain.

Label ‘Generasi Emas’ yang didapatkan Timnas Inggris tak lepas dari kiprah para penggawanya di level klub yang mampu meraih beragam gelar di level klub maupun secara individu.

Namun sayangnya, ‘Generasi Emas’ dengan nama besar dan kualitas mumpuni ni tak mampu memberi gelar bergengsi di level internasional. Bahkan bisa dikatakan, ‘Generasi Emas’ ini malah menjadi  ‘Generasi Ayam Sayur’.

Kini Timnas Inggris pun mulai membentuk ‘Generasi Emas’ jilid kedua. Generasi Emas ini coba dibangun ulang oleh Gareth Southgate yang memang dikenal sangat pro dengan para pemain muda.

Keberhasilan Timnas Inggris muda saat menjadi kampiun Piala Dunia U-17 pada 2017 silam seakan menjadi tonggak lahirnya ‘Generasi Emas’ jilid kedua yang tengah dikumpulkan Southgate.

Sekian banyak pemain muda Inggris diberi kesempatan oleh Southgate mencicipi penampilan bersama Timnas senior sebut saja Callum Hudson-Odoi, Phil Foden, Jadon Sancho dan pemain lainnya.

‘Generasi Emas’ Timnas Inggris pun terlihat dari regenerasi pemain di setiap lini. Namun regenerasi yang paling terlihat jelas berada di sektor kanan di mana banyak pemain muda Inggris mulai menancapkan namanya di level teratas dan siap membuat Southgate dilema.

Saat ini bek kanan senior yang ada di tubuh Timnas Inggris hanya ada dua pemain yakni Kierran Trippier (30 tahun) dan Kyle Walker (30 tahun). Secara usia, keduanya masih sanggup bermain setidaknya hingga Euro 2024.

Namun, bisa saja keduanya tersingkir sebelum mencicipi Euro 2024 jika menilik deretan para bek kanan muda yang kini sudah tampil di level teratas.

Setidaknya ada delapan bek kanan lain yang siap menggusur Trippier dan Walker dalam waktu dekat atau bahkan telah terlihat dalam beberapa wakut belakangan ini.

Dari delapan nama bek kanan muda tersebut, yang mungkin akan menjadi pilihan utama Southgate tentu Trent Alexander-Arnold (22 tahun). Di usia muda, ia telah menembus tim utama Liverpool yang menjuarai Liga Champions dan Liga Inggris.

Namun menjadi juara bukan jaminan untuk Trent apalagi masih ada Aaron Wan-Bissaka (22 tahun) yang menjadi andalan Manchester United, lalu Reece James (20 tahun) yang membela Chelsea dan Ainsley Maitland-Niles (23 tahun) yang membela Arsenal.

Meski bermain di tim papan atas dengan level permainan yang tinggi di klub masing-masing, keempat bek kanan muda ini pun masih bisa tergusur dari tempat utama Timnas Inggris dengan deretan bek kanan muda potensial di tim-tim gurem Liga Inggris.

Sebut saja dari Max Aarons (20 tahun) yang sempat menjadi incaran Barcelona dan Bayern Munchen dan Tariq Lamptey (20 tahun) yang mulai mencuri perhatian di pekan-pekan awal Liga Inggris.

Lalu di sisi lain masih ada James Justin (22 tahun) yang bermain bagi Leicester City dan Jayden Bogle (20 tahun) yang menjadi andalan Sheffield United.

Dari deretan pemain tersebut, tentu Southgate akan dibuat pusing apalagi jika 10 pemain tersebut mampu tampil baik di musim 2020/21 ini.

Menarik dinantikan siapakah yang akan dipilih Gareth Southgate nantinya untuk posisi bek kanan Inggris. Paling tidak di ajang resmi Euro 2020 yang akan digelar pada 2021 mendatang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%