Liga Italia

Ciro Immobile, Buangan Juventus yang Jadi Mesin Gol Lazio

Sabtu, 10 Oktober 2020 21:24 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Marco Rosi - SS Lazio/Getty Images
Pemain Lazio, Ciro Immobile, pernah jadi buangan Juventus, namun kini sukses. Copyright: © Marco Rosi - SS Lazio/Getty Images
Pemain Lazio, Ciro Immobile, pernah jadi buangan Juventus, namun kini sukses.

INDOSPORT.COM - Siapa sangka Ciro Immobile yang dulu pernah dibuang Juventus ternyata jadi mesin gol bagi rival mereka di Serie A Liga Italia, Lazio?

Meraih kesuksesan di dunia sepak bola tidak melulu tentang mentalitas ketika bermain selama 90 menit di lapangan, tetapi juga perjalanan seorang pemain dari titik nol sampai tiba di mana popularitas menanti dirinya.

Begitu pula dengan Ciro Immobile. Lahir di Torre Annunziata, Naples, Italia, pada 20 Februari 1990, bintang Lazio ini memulai kariernya di dunia si kulit bundar dengan bermain di sebuah akademi lokal.

Langkah selanjutnya adalah berada di tim junior Salerintana. Namun sayang, Immobile belum mampu menunjukkan potensinya secara maksimal, yang pada akhirnya membuatnya hijrah ke Sorrento pada tahun 2002.

Cukup lumayan, ia bertahan di klub tersebut selama enam tahun dan mencetak 30 gol untuk tim U-17 selama musim 2007-2008. Sepak terjangnya kali ini pun dilirik oleh raksasa sepak bola Serie A Liga Italia, Juventus.

Akhirnya! Ada nama besar yang menginginkan jasaku, mungkin demikian yang ada di benak Immobile pada waktu itu. Ia pun diboyong menuju Juventus Primavera saat berusia 18 tahun dan berkat rekomendasi pribadi dari Ciro Ferrara.

Momen debut Immobile bersama skuat si Nyonya Tua di Serie A pun tiba, dan bisa dibilang cukup bermakna lantaran Claudio Ranieri memasukkannya sebagai pemain cadangan menggantikan Alessandro Del Piero pada 2009.

Namun sayangnya, setelahnya ia justru dibuang ke klub-klub lain. Siena, Grosseto, dan Pescara tercatat sebagai klub peminjam Immobile sebelum sang pemain pindah ke Genoa pada tahun 2012.

Bersama dua klub peminjamnya, Siena dan Grosseto, Immobile juga belum berhasil menunjukkan tajinya sebagai seorang pemain sepak bola, terlebih bersama Siena yang hanya bertahan kurang lebih enam bulan.

Kembali dari masa peminjaman, mungkin dengan kepala tertunduk, Immobile akhirnya menemukan sebuah batu loncatan di Pescara. Kariernya mulai mengalami perbaikan sedikit demi sedikit.